beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Cara Mudah Bersihkan Bekas Stiker yang Membandel

Alfian Muntahanatul Ulya, 3 November 2022 22.00.30
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cara Mudah Bersihkan Bekas Stiker yang Membandel
Image: Ilustrasi Stiker (pexels.com)

Jakarta - Stiker merupakan salah satu aksesoris yang sering kita gunakan untuk menambah estetika suatu permukaan yang dilihat terlalu polos. Misalnya helm, dinding kamar, cermin, kaca, dan masih banyak lagi.

Selain bisa mempercantik suatu barang atau ruangan, stiker dipilih karena sangat mudah untuk dilepas pasang saat kita mulai bosan dengan desain stiker itu sendiri.

Bahan dasar stiker pun beragam, namun yang sering kita temui dibuat dari plastik dan kertas waterproof. Jadi PR di sini biasanya bagaimana cara menghilangkan bekas stiker yang masih menempel setelah dilepas.

Tapi kamu nggak perlu khawatir lagi, karena Urbanasia telah menemukan solusinya untukmu. Membersihkan bekas stiker ini tergantung pada tempat stiker itu ditempelkan ya. Jadi yuk langsung saja simak ulasan berikut ini!

1. Kaca

Ada beberapa bahan yang bisa kamu jadikan opsi untuk membersihkan bekas stiker yang menempel. Di antaranya, campuran soda kue dengan minyak goreng, alkohol, larutan sabun dan air panas, atau pembersih kutek. Pilih saja salah satunya.

Lalu siram atau semprotkan air panas ke bekas stiker beberapa kali hingga permukaannya jadi basah. Tunggu sekitar 2 menit agar air atau panasnya meresap ke lapisannya. 

Setelah itu pilih salah satu bahan tadi, dan oles ke bagian stiker serta tunggu selama 3-5 menit hingga permukaan stiker memecah. Baru kamu boleh menggosok dengan sedikit tekanan menggunakan lap mikrofiber hingga benar-benar bersih.

2. Kayu

Mungkin kamu pernah menempel stiker di meja atau kursi berbahan kayu dan kesulitan untuk menghapus bekasnya. Untuk mengatasinya, kamu cukup menyiapkan kain lap bersih dan cuka.

Rendam kain tersebut ke dalam cuka hingga basah, kemudian letakkan di atas stiker yang dimaksud dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu kupas perlahan stiker dari ujung hingga terlepas sepenuhnya. 

Kemungkinan lem perekat stiker masih ada yang menempel, jadi rendam lagi kain itu ke dalam cuka, lalu letakkan di atas bekas stiker. Tunggu beberapa menit, baru kamu bisa mulai menggosoknya dengan sedikit tekanan agar bekasnya bisa hilang.

3. Plastik

Bahan yang kamu perlukan untuk membersihkan bekas stiker pada plastik bisa menggunakan opsi yang digunakan pada permukaan kaca. Bedanya, kamu juga bisa menggunakan produk cairan anti karat.

Tuang atau semprotkan cairan tadi pada seluruh bagian stiker. Kemudian keringkan menggunakan hair dryer. Setelah kering, kamu bisa mulai mengupasnya perlahan. Jika masih ada sisa lem yang menempel, gunakan alkohol untuk menggosoknya hingga bersih.

4. Logam

Pakai beberapa opsi produk pembersih yang disebutkan di atas, lalu teteskan larutan tersebut ke kain lap. Nggak perlu membasahi seluruh permukaan lap ya, Urbanreaders.

Setelah itu, gosok bagian stiker dengan kain lap tadi dengan sedikit ditekan hingga stiker bisa terlepas. Bekas lem perekat stiker yang masih tersisa bisa kamu hilangkan menggunakan air hangat dan sabun, lalu gosok, dan bersihkan dengan lap kain yang kering.

Itu dia beberapa langkah yang bisa digunakan untuk membantumu mengatasi bekas stiker yang menempel. Semoga informasi berikut bisa bermanfaat ya, Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait