beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Kisah Inspiratif Bhrisco Jordy Berbagi Ilmu Lewat Papua Future Project

Suci Nabila Azzahra, 4 November 2022 01.26.53
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kisah Inspiratif Bhrisco Jordy Berbagi Ilmu Lewat Papua Future Project
Image: Bhrisco Jordy Dudi Padatu (Foto: Instagram @satu_indonesia)

Jakarta - Akses pendidikan untuk semua lapisan masyarakat memang bukan kewajiban pemerintah saja ya, Guys. Sebagai generasi muda, kita juga sebaiknya ambil peran aktif ikut mencerdaskan bangsa.

Contohnya kayak Bhrisco Jordy Dudi Padatu. Pria asal Papua Barat ini menjadi satu di antara enam sosok generasi muda inspiratif dalam ajang 13th SATU Indonesia Awards 2022 pada Jumat (28/10).

Penghargaan yang diraih oleh Jordy tentu tidak didapatkan dengan cara mudah. Jordy punya program bertajuk ‘Penyuluh Pelita dari Pulau Mansinam’ yang bertujuan mencerdaskan kehidupan para penerus bangsa. 

Sejak tahun 2022, setiap minggu anak-anak di Pulau Mansinam, Papua Barat, belajar beragam hal. Membaca, menulis, berhitung, teknologi digital hingga dampak perubahan iklim sambil bermain bersama dengan sekelompok anak muda melalui Papua Future Project.

"Papua Future Project adalah komunitas pemuda yang berbasis project, yang mana mengangkat isu literasi masyarakat adat di wilayah administratif Papua Barat," kata Jordy dalam video kisah di SATU Indonesia Awards Ke-13 di Menara Astra Jakarta, dikutip, Kamis (3/11/2022). 

Jordy tergerak oleh ketimpangan pengetahuan antara anak-anak di kota dan di pelosok Papua Barat. Pulau Mansinam hanya memiliki satu sekolah dasar (SD). Lantaran mayoritas guru tinggal di Manokwari, rata-rata setiap hari sekolah mulai pukul 09.00 dan selesai pukul 12.00. Jordy ingin lebih banyak lagi anak Papua yang tersentuh oleh programnya.

Menurut Jordy, pendidikan merupakan suatu hal fundamental, yaitu kesenjangan signifikan pada mereka yang tinggal di kota dan seperti mereka masyarakat adat kita yang ada di Pulau Mansinam.

"Saya ingin membuktikan, meskipun hidup di perbatasan, jangan pernah putus asa dalam bermimpi. Dan jalan menuju masa depan yang lebih baik ada di pendidikan. Oleh karena itu, ayo para anak muda bersama-sama wujudkan pendidikan Indonesia yang lebih inklusif," tambah Jordy.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait