beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Mahasiswa Wajib Tahu! 6 Life Hacks Mempermudah Kuliah

Suci Nabila Azzahra, 23 Juli 2022 04.04.44
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mahasiswa Wajib Tahu! 6 Life Hacks Mempermudah Kuliah
Image: Freepik

Jakarta - Hidup sebagai mahasiswa memang terkadang penuh dengan lika-liku yang nggak terbayangkan sebelumnya. Jika mungkin pada SMA dulu kita menganggap bahwa dunia anak kuliahan adalah dunia yang lebih bebas dan lebih enak, tapi sekarang setelah duduk di bangku mahasiswa malah menganggap sebaliknya. Wajar kok, apalagi kalau udah ketemu dengan yang namanya dosen killer, tugas nggak manusiawi, dan berbagai cobaan lainnya. 

Nah, jika kamu sedang menempuh studi di universitas? Silakan baca life hacks berikut sebelum kamu pergi ke kampus. Persenjatai diri kamu dengan life hacks berikut ini agar pengalaman kuliah kamu lebih menyenangkan.

1. Mencatat Menggunakan Warna yang Bervariasi

Mungkin kesannya akan lebay, tetapi penelitian membuktikan bahwa memakai bolpoin dengan warna yang bervariasi akan memberi pengaruh positif pada daya ingat otak, merangsang otak untuk mudah memahami materi dan mengingatnya. Dengan bolpoin variasi warna kamu dapat membuat catatan dengan memberi warna yang berbeda pada setiap bagian dan hal ini akan membuat kamu sangat mudah untuk memahami isi dari catatan kamu.

2. Mencari Slide yang Relavan dengan Materi di Kelas

Jika kamu kebingungan saat dosen menjelaskan materi, kamu harus coba pelajari materi sebelum dosen menjelaskan. Cari slide PPT, buku, atau PDF yang berisi penjelasan materi yang relavan dengan materi dosen dikampus. Jika kamu melakukan hal tersebut maka kamu akan sangat mudah memahami materi di kampus bahkan kamu akan sangat mudah menebak apa yang akan dosen katakan. 

3. Membersihkan Keyboard dengan Kertas Catatan Post-it

Sebagai mahasiswa tidak akan terlepas dari barang elektronik laptop. Bahkan laptop menjadi teman bagi mahasiswa. Pada saat kamu menggunakan laptop lalu ada kotoran makanan jatuh pada bidang keyboard maka kamu bisa membersihkannya dengan mudah menggunakan kertas catatan post-it kamu. Caranya cukup mudah bentuk kertas kamu sedimikian rupa sehingga terbentuk rongga dan dapat menyelip di sela-sela keyboard. Kertas post-it yang lengket akan dengan memudahkan kotoran untuk menempel.

4. Menata Pakaian Secara Vertikal

Stop menata pakaian kamu secara horizontal di lemari. Tatalah pakaian kamu secara vertical karena akan memudahkan kamu untuk melihat, memilih, dan mengambil pakaian tanpa berantakan.

5. Belajar Efektif dengan Podomoro Timer

Untuk menambah kesuksesan kamu dalam belajar, metode Podomoro Timer akan membantumu. Metode ini adalah metode memanajemen waktu di mana kamu hanya diberi waktu 25 menit dalam melakukan suatu hal seperti belajar. Hal ini berfungsi untuk mencegah ditraksi oleh hal lain dan mencegah kebosanan.

6. Menaruh Handphone didalam Gelas

Maksudnya apa? Dengan menaruh handphone di dalam gelas akan membuat suara dari handphone menjadi lebih keras. Hal ini akan membantu kamu untuk memperbesar suara alarm. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika ingin bangun pagi karena suara alarm akan menjadi lebih keras.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait