beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Rayakan Hari Anak, Ini 5 Kegiatan Seru di Rumah Bareng Buah Hati

Nivita Saldyni, 23 Juli 2021 19.31.01
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Rayakan Hari Anak, Ini 5 Kegiatan Seru di Rumah Bareng Buah Hati
Image: bermain sambil belajar (Freepik/jcomp)

Jakarta – Indonesia kembali merayakan Hari Anak Nasional (HAN) di tengah pandemi COVID-19 tahun ini. Oleh karena itu, perayaan HAN harus kembali digelar secara virtual.

Kendati demikian, orang tua dan anak tetap bisa merayakan HAN bersama di rumah loh. Selain untuk menjalin kedekatan dengan anak, kegiatan bersama yang menyenangkan juga bisa mengasah kreativitas anak loh.

Banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan bersama anak di rumah. Urbanasia sendiri telah merangkum lima kegiatan seru bersama anak yang bisa kamu lakukan di rumah untuk merayakan HAN 2021. Berikut lima kegiatan seru bersama anak yang bisa Urbanreaders coba!

1. Belajar Sambil Bermain

1627005455-Ilustrasi-Ibu-dan-Anak.jpegSumber: Ilustrasi Ibu dan Anak. (Pixabay/eberhartmark)

Anak-anak sejatinya suka bermain. Bahkan orang tua bisa memberikan pembelajaran kepada anak lewat permainan-permainan seru, seperti misalnya mencari harta karun.

Caranya pun mudah, kamu hanya perlu menyembunyikan barang-barang kesukaan anak seperti mainan ataupun kue di sekitar rumah. Setelah itu, ajak anak mencarinya dengan memberikan beberapa petunjuk. Nah di petunjuk itulah kamu bisa mengajak anak untuk memecahkan teka-teki yang di antaranya diselipkan pembelajaran yang ingin kamu berikan kepada anak.

2. Masak Bersama Anak

1627018051-memasak-bareng-anak-Freepik-freepik.jpegSumber: Memasak bersama anak (Freepik/Freepik)

Menyajikan makanan favorit anak untuk rayakan HAN adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Namun lebih menyenangkan lagi jika kamu melibatkan anak dalam proses pembuatannya.

Ajak anak ke dapur dan masaklah bersama. Selain, bisa membangun kepercayaan diri mereka, kegiatan ini juga bisa meningkatkan daya imajinasi anak, memberikan pengalaman sensorik, dan mengasah keterampilan berhitung dan sains juga. Tentunya, kegiatan ini juga bisa mempererat hubungan kamu dengan anak.

3. Jalan-jalan Virtual dari Rumah

1605098666-ayah-anak-6.jpgSumber: Ilustrasi kebersamaan ayah daan anak perempuannya (Pixabay)

1605098666-ayah-anak-6.jpgSumber: Ilustrasi kebersamaan ayah daan anak perempuannya (Pixabay)

Jika sebelumnya HAN bisa kamu rayakan dengan berkunjung langsung ke berbagai tempat bersama anak, tahun ini kamu bisa memperkenalkan cara baru berwisata di masa pandemi COVID-19 kepada anak seperti misalnya jalan-jalan virtual ke museum ataupun lokasi lain yang diminati oleh anak.

Menariknya, kamu bisa berjelajah ke berbagai belahan dunia karena saat ini sudah banyak situs yang menawarkan virtual tour. Seperti misalnya di situs Google Arts & Culture, Indonesia.Travel, Unesco, dan masih banyak lagi lainnya.

4. Berkemah di Halaman Rumah

1627018202-kemah-di-rumah-Freepik-pressfoto.jpegSumber: Berkemah di halaman rumah (Freepik/pressfoto)

Siapa bilang berkemah harus dilakukan di pegunungan atau pun pantai? Berkemah bisa kamu lakukan dalam ruangan ataupun di pekarangan rumahmu loh, Urbanreaders.

Kegiatan ini bisa jadi alternatif liburan seru keluarga selama di rumah aja. Selain mengajarkan anak hal baru, berkemah di rumah juga lebih praktis. Tinggal siapkan saja camilan favorit anak dan buat suasana berkemah yang menyenangkan, misalnya sambil menonton bersama, bernyanyi bersama sambil menyalakan api unggun, atau bisa juga ajak anak berbagi cerita.

5. Buat Vlog Bersama Anak

1596102703-belajaronlinepixabay.jpgSumber: Ilustrasi orang tua dan anak belajar online. (Pixabay/finelightarts)

Nah terakhir, kamu juga bisa loh buat video seru bareng anak untuk diposting di YouTube atau sekedar di akun media sosial kamu. Kamu pun bisa mengajak mereka membuat konten-konten edukatif seperti misalnya membuat kreasi dari barang-barang bekas, melakukan percobaan dengan peralatan sederhana, atau bisa juga kuis sederhana bersama anak.

Kamu bisa mencoba berbagai kegiatan yang disukai anak, kemudian membagikannya ke Instagram, TikTok, Facebook, atau pun YouTube sehingga konten tersebut bisa dikonsumsi oleh anak-anak lainnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait