beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Hacker Bjorka Pengalihan Isu Besar Nasional, Benarkah?

Nivita Saldyni,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hacker Bjorka Pengalihan Isu Besar Nasional, Benarkah?
Image: Hacker Bjorka (Foto: instagram @volt_anonym)

Jakarta - Sebulan belakangan publik dibuat resah dengan kemunculan hacker yang menamai dirinya Bjorka. Mulai dari data pelanggan Indihome, registrasi SIM Card, KPU RI, hingga sejumlah dokumen surat menyurat milik Presiden Joko Widodo dibagikan hacker Bjorka lewat Breached Forums. 

Nama 'Bjorka' pun masih sering keluar masuk jajaran trending topik di Twitter. Namun saat ini mulai banyak yang meragukan kemampuan hacker yang identitasnya masih belum terungkap itu karena selama ini hanya melakukan doxing.

Bahkan banyak juga yang mulai curiga aksi peretasan hacker satu ini hanyalah pengalihan isu nasional. Pasalnya Bjorka muncul saat masyarakat Indonesia tengah menanti nasib Ferdy Sambo dalam pembunuhan berencana Brigadir J, dan pada saat yang sama pula masyarakat dihadapkan dengan kenaikan harga BBM yang mendadak. 

"Jadi Bjorka ini hoaks, atau buat pengalihan isu kasus lain sih? :(" kata seorang netizen. 

"Sudahlah Bjorka datang hanya untuk pengalihan isu Kasus Sambo dan BBM naik dan Pemerintah konoha sangat jago bikin sinetron Drama," imbuh netizen lain.

"Dapat disimpulkan bahwa bjorka hanya dijadiin bahan pengalihan isu, saya pribadi gak peduli siapapun itu bjorka,mau dia orang dalem pemerintahan gak peduli juga. Pasti nya drama pemerintahan akan terus berlanjut sampai kasus-kasus besar kemarin tenggelam atau dilupakan.”

Seperti diketahui, setidaknya ada dua isu besar nasional yang ‘redup’ seiring dengan kemunculan Bjorka. Kedua isu itu adalah pembunuhan Brigadir Yoshua Hutabarat alias Brigadir J dan isu kenaikan BBM. 

Kasus pembunuhan Brigadir J ini mendapat perhatian nasional. Pasalnya, kasus ini menyeret sejumlah puluhan nama oknum polisi, termasuk eks Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo. 

Sementara, kenaikan harga BBM juga cukup mengejutkan publik. Pemerintah memutuskan untuk menaikkan harga Pertalite dari Rp 7.650 menjadi Rp 10.000 per liter, Pertamax naik dari Rp 12.500 jadi Rp 14.500 per liter, dan Solar naik dari Rp 5.150 menjadi Rp 6.800 per liter. 

Namun demikian, isu pengalihan isu ini sebenarnya sudah sampai ke telinga Bjorka. Lewat akun Twitter barunya sebelum ditangguhkan, Senin (12/9/2022), Bjorka sempat membantah tudingan soal aksinya yang jadi pengalihan isu nasional, khususnya perkara Sambo. 

"Jika ada yang berpikir saya di sini untuk mengalihkan kasus Sambo, saya bahkan tidak tahu dia siapa. Tapi saya akan bantu supaya @ListyoSigitP mendengar desakan kalian," cuit Bjorka. 

Kalau menurut kamu, gimana Urbanreaders?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait