beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Hampir 12 Miliar Dosis Vaksin COVID-19 Telah Disuntikkan di Seluruh Dunia

Putri Rahma,
9 Juni 2022 11.38.03 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hampir 12 Miliar Dosis Vaksin COVID-19 Telah Disuntikkan di Seluruh Dunia
Image: Ilustrasi vaksin COVID-19. (Pixabay)

Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi Retno Marsudi memimpin pertemuan COVAX Advance Market Commitment Engagement Group (AMC EG) secara virtual pada Rabu (8/6/2022) kemarin. 

Dalam pertemuan tersebut, terungkap bahwa hampir 12 miliar dosis vaksin COVID-19 telah disuntikkan kepada masyarakat di seluruh dunia dalam rangka vaksinasi global. 

COVAX AMC merupakan mekanisme global yang bertujuan menyalurkan vaksin secara gratis kepada negara anggotanya yang berjumlah 92 negara berpendapatan menengah ke bawah dan berpendapatan rendah.  

Menlu Retno menyampaikan, dunia saat ini menyaksikan tren positif terkait pandemi COVID-19 diikuti dengan jumlah kasus baru dan korban jiwa yang terus melandai. 

Hal tersebut juga tak lepas dari peran COVAX yang menjadi bukti bahwa multilateralisme ini dapat membuahkan hasil. Namun, Retno juga menegaskan bahwa tugas COVAX belum selesai selama pandemi COVID-19 belum berakhir.

“Kesenjangan vaksin masih terjadi. Banyak orang dengan resiko tinggi di negara berpendapatan rendah belum divaksin. Jumlah dosis vaksin yang tersedia saat ini masih belum bisa diimbangi oleh tingkat penyerapannya,” ungkapnya dalam keterangan pers yang dikutip Urbanasia, Kamis (9/6/2022).

Ia juga kembali memberikan dorongan pentingnya vaksin segera digunakan dalam program vaksinasi.

Dalam kesempatan tersebut, Menlu Retno juga menyinggung pembaruan fokus global yang didasarkan pada dua hal penting, yaitu memelihara solidaritas multi-pemangku kepentingan di tingkat global dan perlu pelestarian akses setara terhadap solusi kesehatan khususnya bagi negara-negara berkembang.

“Ini adalah alasan fundamental mengapa COVAX harus terus ada setelah 2022 dan usai pandemi,” tutup Retno.

Diinformasikan pula dalam kesempatan tersebut bahwa hingga kini COVAX telah mengirimkan 1,5 miliar dosis vaksin kepada 144 negara, dimana 88% dikirimkan ke 87 negara AMC.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait