Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtrending

Heboh Jalan Tol Bisa 'Bernyanyi', Begini Faktanya!

Nivita Saldyni,
12 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Heboh Jalan Tol Bisa 'Bernyanyi', Begini Faktanya!
Image: Ilustrasi jalan bernada. (Badan Pengatur Jalan Tol)

Surabaya - Belum lama ini netizen dibuat heboh dengan sebuah postingan viral di TikTok yang menampilkan ruas jalan tol yang bisa mengeluarkan suara lagu 'Happy Birthday'.

Video yang diposting akun TikTok @anakbaba sepekan lalu itu, kini telah disukai oleh 539 ribu pengguna.

"Ini dia jalan tol yang bisa nyanyi," kata pemilik akun dalam video postingannya itu, seperti dikutip Urbanasia pada Jumat (5/2/2021).

Tak lama kemudian, potongan lagu 'Happy Birthday' pun mulai terdengar. Mereka yang terekam dalam video pun dibuat heboh mendengar penggalan lagu Happy Birthday saat melintasi ruas jalan tersebut.

Sontak video itu pun mendapat respons beragam dari netizen. Ada yang dibuat terkejut dan penasaran, tapi tak sedikit juga yang mengaku merinding dan membayangkan hal-hal mistis. 

Eits, tapi ternyata suara penggalan lagu Happy Birthday yang muncul di ruas jalan tol itu jauh dari hal mistis loh. Ruas jalan ini punya nama, yaitu 'Singing Road' atau Jalan Bernada.

Dilansir akun Instagram resmi PT Jasa Marga (Persero), ternyata Singing Road adalah marka jalan berupa Rumble Strip atau Pita Penggaduh sepanjang yang dipasang di lajur jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri tepatnya KM 644 +200 B (arah Surabaya-Solo).

Marka jalan ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia loh!

Untuk yang belum tahu, Rumble Strip adalah kelengkapan tambahan pada jalan yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan kendaraan ya, guys.

1612532229-singing-road.JPGSumber: Singing Road di jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri tepatnya KM 644 +200 B. (Instagram @official.jasamargatransjawatol)

Marka jalan ini juga bisa membantu mengingatkan pengemudi tentang objek di depan yang harus diwaspadai, melindungi penyeberang jalan, dan mengingatkan pengemudi akan lokasi rawan kecelakaan.

Nah balik lagi ke Singing Road, suara nyanyian di ruas jalan tol ini akan berbunyi saat kendaraan dengan kecepatan 80-100 km/jam melintas di atas marka tersebut.

Kabarnya, kecepatan kendaraan yang melintas ini berpengaruh pada karakter nada yang akan keluar, bisa terdengar merdu atau bisa juga sangat nyaring.

Lalu, apa sih fungsinya Singing Road di jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri ini?

Marka ini berfungsi untuk peringatan agar pengguna jalan berhati-hati ketika berkendara di lajur tersebut. Inovasi ini dilakukan Jasa Marga sebagai upaya untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di jalan tol yang disebabkan oleh pengemudi yang mengantuk.

Nah, Urbanreaders sendiri udah pernah coba melintas di ruas jalan satu ini belum?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait