Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Hindari 5 Hal Ini Setelah Melakukan Facial

Deandra Salsabila,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hindari 5 Hal Ini Setelah Melakukan Facial
Image: Ilustrasi wanita sedang melakukan facial (Unsplash/Raphael Lovaski)

Jakarta - Kulit wajah yang sehat dan glowing merupakan idaman para wanita dan lelaki. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah melakukan facial.

Idealnya, kulit akan menjadi sangat halus dan lembut setelah melakukan perawatan facial. Namun, di sisi lain, kulit juga menjadi sangat sensitif setelah facial. Maka, merawat kulit dengan perawatan pasca facial yang tepat sangat penting.

Kesalahan kecil yang tidak disengaja sangat mungkin dapat merusak kulit. Maka, berikut ini adalah 5 hal yang harus dihindari setelah facial:

1. Sinar Matahari

1593576155-sunscreen2.jpgSumber: Ilustrasi sunscreen yang aman buat kulit berjerawat. (Freepik)

Paparan sinar matahari yang tidak disengaja dapat menyebabkan kerusakan kulit dan kanker kulit, terlebih jika kamu dengan sengaja menghabiskan waktu di bawah paparan sinar matahari. 

Karena 100 persen prosedur facial melibatkan scrub atau pengelupasan, maka kamu memiliki sel-sel kulit baru yang rentan di permukaan yang dapat dengan mudah terbakar.

Jika kamu terpaksa melakukan aktivitas di bawah sinar matahari, kamu harus mengenakan topi yang bertepi lebar sepanjang waktu. Selain itu, setelah beberapa hari facial dan kulit tidak terlalu sensitif terhadap sinar matahari, kamu tetap harus memakai sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi.

2. Memencet Jerawat

1625198025-lawan-jerawat-dengan-vitamin---freepik-beststudio.jpgSumber: Ilustrasi jerawat (Freepik/beststudio)

Ketika melakukan facial, facialist akan mengeluarkan komedo dan jerawat di kulit. Namun, jika seorang facialist meninggalkan jerawat, biasanya itu karena jerawat belum cukup dekat ke permukaan sehingga tidak siap untuk dikeluarkan.

Terkadang hal ini membuat kita jadi tergoda untuk mengeluarkan jerawat sendiri. Namun, perlu diingat untuk tidak menyentuh jerawat setidaknya selama sehari. 

Nantinya, perawatan wajah yang membersihkan secara alami dapat membuat beberapa jerawat muncul secara alami dalam waktu 24 jam. Jangan memaksa mengekstraksi jerawat karena ini dapat menyebabkan iritasi dan potensi jaringan parut.

3. Makeup Tebal

1609896577-gaya-makeup-hype-2021.jpgSumber: Ilustrasi gaya makeup yang hype tahun 2021. (Freepik)

Jika wajah memerah karena pengelupasan atau ekstraksi selama proses facial, kamu mungkin tergoda untuk menutupinya dengan makeup tebal. Namun, tindakan ini harus dihindari setelah facial.

Hal ini karena facial melibatkan pembersihan yang mendalam, maka sangat penting untuk memberikan kulit waktu istirahat dari riasan dan produk berat selama sehari atau lebih, karena pori-pori lebih terbuka dari biasanya sehingga rentan terhadap lebih banyak bakteri. 

4. Membersihkan Wajah dengan Kasar

1615255568-wajah-berminyak-freepik-by-katemangostar.jpgSumber: Ilustrasi wajah berminyak. (Freepik/ katemangostar)

Kulit menjadi sangat sensitif setelah melakukan facial, maka setelahnya kamu harus memperlakukan kulit dengan lembut. Termasuk, menggunakan pembersih wajah. 

Pastikan kamu menggunakan pembersih wajah yang mampu menghilangkan kotoran tanpa mengorbankan integritas pelindung kulit dan melembapkan kulit pada saat yang bersamaan. Selain itu, jangan menggosok atau menepuk kulit terlalu kuat untuk menghindari iritasi dan masalah lainnya.

5. Memakai Produk Jerawat dan Beberapa Produk Perawatan Lainnya

1623723998-jerawat-di-alis---freepik.jpgSumber: Ilustrasi Jerawat di Alis. (Freepik)

Dalam hal perawatan pasca facial, sebaiknya jangan berlebihan pada produk, utamanya untuk produk yang tergolong keras dan berpotensi menyebabkan iritasi. Beberapa di antaranya adalah retinol, eksfoliator, dan asam salisilat. Produk-produk ini dapat membuat wajah menjadi kemerahan seketika.

Sebaiknya hindari juga sebagian besar masker wajah. Hal ini karena banyak masker wajah yang dirancang untuk mencerahkan, mengelupas, atau mengobati jerawat yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit yang sensitif dari wajah.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait