beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Hindari Kebiasaan Jilat Bibir Agar Tak Makin Kering

Kintan Lestari,
8 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hindari Kebiasaan Jilat Bibir Agar Tak Makin Kering
Image: Ilustrasi menjilat bibir. (Freepik/nakaridore)

Jakarta - Siapa yang bibirnya suka kering dan pecah-pecah nih? Penyebab bibir kering bisa bermacam-macam, bisa karena paparan sinar matahari, berada di ruangan ber-AC, kurang minum, dan sebagainya. 

Beberapa orang biasanya suka langsung menjilat bibir dengan air liur dengan tujuan supaya bibirnya tidak kering lagi. Padahal kebiasaan tersebut justru jadi penyebab bibir semakin kering. Kok bisa malah makin kering? 

Rupanya lapisan air liur yang tadi membasahi bibir kamu mengandung enzim dan bahan kimia yang digunakan untuk mencerna makanan di mulut Anda. Enzim tersebut menguap dan menyebabkan kering pada bibir.

Apalagi kalau kamu terus-menerus melakukan kebiasaan ini, bisa-bisa kamu menderita kondisi kronis yang disebut dermatitis pada bibir.

Cara terbaik mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah dengan lip balm. Pilih produk lip balm yang mengandung SPF untuk melindungi dari sinar matahari dan ceramide yang merupakan lemak yang membantu mengunci kelembapan.

Hindari lip balm dengan bahan-bahan yang berpotensi mengiritasi seperti paraben, alkohol, dan wewangian. Dan jangan lupa minum banyak air sepanjang hari.

So, jangan lakukan lagi kebiasaan mu yang suka menjilat bibir pas bibir lagi kering ya. Nanti malah kondisi bibir kering makin parah dan berakhir harus minta bantuan dokter.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait