Hot News

Jakarta –Indonesia telah diguncang setidaknya lima kali gempa bumi tektonik hari ini, Selasa (7/7/2020). 

Gempa yang terjadi Jepara bahkan sempat  membuat warga heboh dan karena guncangannya terasa hingga ke Bali dan Lombok.

Selain gempa Jepara, berikut 5 gempa tektonik yang menggunang wilayah Indonesia berdasarkan pantauan BMKG.

1.  Gempa Donggala 4.0 SR

Gempa bumi pertama terjadi di Donggala, Sulawesi Tengah. Gempa ini berpusat di 7 km sisi timur Kota Toaya. Kedalaman gempa cukup dangkal sekitar 4 km.  Meski demikian guncangannya terasa hingga ke Kota Palu, guys.

2. Gempa 6.1 SR di Laut Jawa

Wilayah Laut Jawa diguncang gempa tekntonik bermagnitudo 6.1 SR pagi tadi sekitar pukul 05.54 WIB. Pusat gempa terletak di laut dengan kedalaman 539 km. Episenter gempa berkisar 85 km arah Utara Jepara.

Gempa ini terjadi akibat adanya deformasi pada lempeng bawah Laut Jawa.  Guncangan gempa ini terasahingga ke Sumatera, Bali dan Lombok. Gempa ini tidak bepotensi tsunami.

3. Gempa Lebak 5.4 SR

Gempa ketiga terjadi di wilayah Banten sekitar pukul 11.44 WIB. Kekuatan gempa 5.4 magnitudo dan terjadi di kedalaman 82 km. 

Episenter gempa terletak di 18 km barat daya Rangkasbitung dan guncangannya terasa hingga ke wilayah Jakarta. Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.  

4.  Gempa Pangandaran 5.0 M

Berselang setengah jam kemudian, gempa bumi kembali mengguncang Indonesia. Gempa kali ini terjadi di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat sekitar pukul 12.17 WIB.

Pusat getaran terletak di kedalaman 10 km sekitar 234 km barat daya Pangandaran. Menurut BMKG gempa ini tidak berpotensi tsunami.  

5.  Gempa Bengkulu 5.2 SR

Nah yang terbaru adalah gempa Bengkulu yang terjadi pukul 13.16 WIB. Gempa ini  berkekuatan 5.2 magnitudo dan terjadi di 250 km dari sisi tenggara Kota Enggano.  Sama seperti empat gempa lainnya, gempa bumi di Bengkulu tidak berpotensi tsunami.

Menurut BMKG rangkaian gempa bumi ini terjadi akibat adanya aktivitas lempeng tektonik. Ada fenomena subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia yang menyebabkan guncangan di beberapa wilayah Indonesia.


Loading ..