Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Indonesia Kedatangan 500 Ribu Vaksin AstraZeneca dari Australia

Elga Nurmutia,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Indonesia Kedatangan 500 Ribu Vaksin AstraZeneca dari Australia
Image: Ilustrasi Vaksin AstraZeneca. (Pixabay/Johaehn)

Jakarta - Indonesia kedatangan 500 ribu Vaksin AstraZeneca hibah dari Pemerintah Australia. Vaksin AstraZeneca yang baru tiba ditahap ke-48 ini merupakan dose-sharing Pemerintah Australia.

“Kedatangan vaksin AstraZeneca ini merupakan pengiriman tahap pertama dari Pemerintah Australia, dari rencana 2,5 juta dosis vaksin pada tahun 2021 bagi masyarakat Indonesia melalui mekanisme bilateral,” ujar Menlu Retno Marsudi dalam jumpa pers virtual, Kamis (2/9/2021).

Selain itu, pemerintah Australia juga berkomitmen dalam memberikan dukungan pengadaan vaksin bagi Indonesia sejumlah 77,1 juta dolar Australia yang akan disalurkan melalui UNICEF. 

“Pemerintah Australia juga telah berkomitmen untuk memberikan dukungan pengadaan vaksin untuk Indonesia senilai 77,1 juta dolar Australia yang akan disalurkan melalui UNICEF,” lanjutnya. 

Dukungan kerja sama vaksin ini merupakan salah satu pembahasan dalam komunikasi menteri luar negeri Retno Marsudi dan menteri luar negeri Australia Marise Payne yang terakhir dilakukan pada 7 Juli 2021.

“Dukungan kerja sama vaksin ini merupakan salah satu topik bahasan dalam komunikasi dirinya melalui per telepon dengan Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne termasuk yang terakhir di 7 Juli 2021,” kata Menlu Retno. 

Menlu Retno pun mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dan juga rakyat Australia. 

“Atas nama pemerintah Indonesia, saya sampaikan terima kasih kepada Pemerintah dan rakyat Australia atas dukungan kerja sama penanganan Covid-19. Thank you Australia!,” ucapnya.

Bukan hanya itu, Menlu Retno juga menegaskan pemerintah akan bekerja sama dalam rangka pemenuhan kebutuhan vaksin rakyat Indonesia. Kini, Indonesia telah menyuntikkan lebih dari 100 juta vaksin dan Indonesia juga menduduki peringkat ke-7 terbesar di dunia,

“Pemerintah akan terus bekerja keras guna memenuhi kebutuhan vaksin untuk rakyat Indonesia. Indonesia pun telah menyuntikkan lebih dari 100 juta dosis vaksin. Dalam konteks jumlah dosis vaksin yang disuntikkan, maka Indonesia menduduki peringkat ke-7 terbesar di dunia,” tegasnya. 

Pada kesempatan yang sama, Duta Besar Australia untuk Indonesia, H.E. Penny Williams menyatakan, 500 ribu vaksin AstraZeneca yang diproduksi di Australia telah tiba di Indonesia hari ini. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait