menu
user
URtech

Induk TikTok Mau Bikin Pesaing Clubhouse

Afid Ahman,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Induk TikTok Mau Bikin Pesaing Clubhouse
Image: Ilustrasi aplikasi Clubhouse. (IG @join.clubhouseapp)

China - Kesuksesan Clubhouse memicu sejumlah perusahan teknologi membuat pesaingnya. Setelah Facebook, kini giliran ByteDance yang merupakan induk TikTok dikabarkan membuat platform berbasis audio chat.

Pengembangan platform chat-audio oleh ByteDance tidak terlepas dari pemblokiran Clubhouse oleh pemerintah China. Melihat potensi yang besar membuat perusahaan teknologi di Negeri Tirai Bambu membuat platform yang mirip. 

Karenanya ByteDance tidak sendiri, sebelumnya Xiaomi sudah mengungkapkan niatnya mengembangkan aplikasi sejenis Clubhouse.

ByteDance sendiri kabarnya sudah memasuki tahap merampungkan dalam mengembangkan platform audio chatnya. Sayangnya pihak mereka menolak berkomentar terkait hal ini.

Clubhouse yang dirilis Maret 2020 mendadak populer belakangan ini setelah CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk membuat obrolan di media sosial berbasis audio chat ini. Sejauh ini sudah 10 juta kali aplikasi diunduh di App Store dan diprediksi akan terus meningkat.

Saat ini Clubhouse tengah menyiapkan versi Android. Mereka telah merekrut developer untuk menggarapnya. Konon Maret ini akan mulai diujicobakan. 

Semoga saja Clubhouse untuk Android segera hadir. Kalau tidak akan tersalib Twitter Spaces yang rencanannya akan tersedia secara global, baik iOS dan Android, dalam waktu dekat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait