Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Industri Kreatif Ternyata Bisa Jadi Ladang Investasi Loh

Kintan Lestari,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Industri Kreatif Ternyata Bisa Jadi Ladang Investasi Loh
Image: Ilustrasi investasi. (Pixabay/kalhh)

Jakarta - Banyak industri terdampak akibat pandemi COVID-19, salah satunya adalah industri kreatif

Konser musik tidak bisa digelar dan bioskop ditutup membuat pekerja di bidang tersebut terdampak. Namun seperti yang lainnya, mereka itu tetap harus menjalani hidup sehari-hari.

Cara untuk bertahan tentu dengan investasi. Di industri kreatif rupanya kita juga bisa berinvestasi.

Hal itu disampaikan perencana keuangan Aidil Akbar. Di industri musik misalnya, ia mencontohkan pemusik bisa berinvestasi lewat hak cipta lagu.

"Musik bisa di capitalized bukan cuma dari label, tapi juga hak cipta. Hak cipta diperkuat jadi cara bagus untuk pemusik hidup long lasting dari karya-karyanya dia," ujar Aidil di webinar bertajuk 'Menciptakan Ladang Investasi dari Industri Kreatif' yang digelar Kencomm, Kamis (26/8/2021).

Sayangnya untuk bidang musik Aidil mengatakan kalau Indonesia masih terhalang regulasi soal hak cipta dan yang berkaitan dengan itu sehingga belum bisa semaju negara lain.

"Jadi dibutuhkan suatu ekosistem. Tapi kalau belum ada supporting ekosistem yaudah pake yang ada aja. Jangan stop sampai disitu," lanjutnya. 

Selain musik, Aidil Akbar juga mencontohkan berinvestasi di bidang foto.

"Foto misalnya. Kalau bagus jangan cuma upload di Instagram, tapi buka akun di Shuttershock. Platform itu mengkurasi foto-foto,dan dijual. Jadi nggak harus fotografer profesional, kalian upload di situ bisa jadi duit," jelas Aidil lagi. 

Disampaikan Aidil, finansial bisa dikawinkan dengan industri apapun, termasuk industri kreatif. Oleh sebab itu, industri kreatif bisa jadi investasi. 
 
"Banyak industri kreatif yang bisa kita bentuk jadi investasi," tutupnya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait