Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Inggris Berhasil Evakuasi 7000 Orang dari Afghanistan

Alwin Jalliyani,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Inggris Berhasil Evakuasi 7000 Orang dari Afghanistan
Image: Armada Angkatan Udara Inggris (Twitter/BorisJohnson)

London – Inggris mengungkapkan bahwa mereka telah melakukan evakuasi terhadap sekitar 7.000 orang dari Afghanistan. Proses evakuasi akan terus berjalan selama situasi keamanan memungkinkan dan tidak ada tanggal pasti yang ditetapkan untuk masa akhir evakuasi.

"7.109 orang telah dievakuasi dari Afghanistan di bawah Operasi PITTING, yang dimulai pada Jumat 13 Agustus. Lebih dari 1.000 personel Angkatan Bersenjata Inggris dikerahkan di Kabul", kata Kementerian Pertahanan Inggris dalam sebuah pernyataan, mengutip Reuters, Selasa (24/8/2021).

Jumlah tersebut termasuk staf kedutaan, warga negara Inggris, mereka yang memenuhi syarat di bawah program Kebijakan Relokasi dan Bantuan Afghanistan, dan sejumlah warga dari negara-negara mitra.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson dan Presiden AS Joe Biden pada hari Senin (23/8/2021), sepakat bekerja sama dalam memastikan semua orang yang memenuhi syarat untuk meninggalkan Afghanistan dapat melakukannya, termasuk setelah fase evakuasi awal berakhir.

Seperti diketahui, Taliban merebut kekuasaan Afghanistan pada awal bulan Agustus yang didukung Amerika Serikat. Bentuk dukungan secara tidak langsung dilakukan dengan menarik ribuan tentaranya, sehingga berpotensi mengembalikan kekuasaan militan dan otokratis dua dekade lalu.

Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab mengatakan pada akhir pekan bahwa Inggris harus beralih ke Rusia dan Cina untuk menerapkan 'pengaruh moderat' atas Taliban, meskipun ada ketidakpercayaan antara Inggris dan pemerintah tersebut.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait