Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Ingin Jadi Guru? Ini 6 Karakter yang Perlu Dimiliki

Elga Nurmutia,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ingin Jadi Guru? Ini 6 Karakter yang Perlu Dimiliki
Image: Ilustrasi Guru (Freepik/Freepik)

Jakarta -  Hari Guru Nasional diperingati setiap 25 November. Banyak orang ikut merayakannya dengan berbagai ucapan dan hadiah untuk guru kesayangan mereka.

Guru juga merupakan sosok yang dirindukan oleh banyak orang, hal itu dikarenakan karakternya yang begitu positif dan selalu terkenang dalam benak siswanya.

Nah, bagi kamu yang terinsipirasi menjadi guru, tidak ada salahnya membahas mengenai karakter-karakter yang harus dimiliki agar menjadi sosok yang disenangi semua siswa.

Berikut ini, 6 karakter yang harus dimiliki jika ingin berprofesi menjadi guru yang Urbanasia rangkum dari berbagai sumber. Di antaranya:

1. Adil

1627523623-guru---freepik-benzolx.jpgSumber: Guru/Freepik by Benzolx

Seorang guru harus menjadi sosok yang objektif, bukan subjektif. Adil dalam arti tidak memiliki keberpihakan pada seseorang atau kelompok tertentu. Maka, harus mampu menyikapi seluruh siswa dengan semua perbedaannya, mulai dari kemampuan hingga karakternya.

2. Bijaksana

1633411352-Ilustrasi-guru-sedang-mengajar-(Pixabay-14995841).jpgSumber: Ilustrasi guru sedang mengajar (Pixabay/14995841)

Sebagai seorang pendidik, guru harus mampu untuk bersikap bijaksana/ baik dalam menyikapi masalah, bertindak, dan juga mengambil keputusan. Jika seorang guru sudah melakukan sikap tersebut, maka siswa pun akan menjadi lebih menghargainya.

Selain itu, guru yang bijaksana mampu menyesuaikan pendekatan terhadap setiap siswanya dalam keadaan apapun.

3. Menjadi Teladan

1615898707-Ilustrasi-guru.jpgSumber: Ilustrasi guru. (Pinterest/Antarimedia)

Idealnya guru menjadi teladan bagi para siswa, bahkan ada ungkapan 'Guru digugu dan ditiru'. Artinya, guru ini bisa dipercaya dan menjadi sosok yang dapat menjadi contoh baik bagi siswa. Karena, guru merupakan sebuah cermin bagi siswa dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter positif.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait