Jakarta - Untuk meraih kesuksesan, ada beberapa keterampilan yang mesti kamu kuasai. Keterampilan ini akan membantu kamu menjaga hubungan baik dengan rekan kerja, menjadi bagian dari teamwork, dan bahkan mendapatkan kesuksesan yang kamu impikan.

Selain keterampilan untuk melakukan jenis pekerjaanmu, seperti menguasai teknologi, jago dalam desain, atau ahli dalam masalah hukum, kamu juga perlu menguasai jenis keterampilan lain yang disebut soft skill.

Soft skill ini bakal membantumu menapaki tangga karier menuju kesuksesan yang kamu inginkan. Karena itu, yuk asah beberapa keterampilan berikut ini.

1. Terbuka

1606441198-terbuka-(2).jpgSumber: Freepik

Sikap open-minded atau terbuka dengan segala kemungkinan, sangatlah diperlukan terutama di era perubahan seperti saat ini. Kamu mesti bisa menerima ide-ide baru, terus berinovasi, dan bisa beradaptasi pada kebiasaan baru.

Memang sih, kamu nggak harus setuju dengan semua yang ditawarkan padamu. Tapi setidaknya, cobalah untuk bisa melihat dari perspektif yang berbeda dan mau mencoba cara baru dalam melakukan sesuatu.

2. Berkomunikasi dengan Efektif

1606441223-komunikasi.jpgSumber: Ilustrasi komunikasi. (Freepik)

Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dan tepat sasaran sangatlah diperlukan, baik secara lisan maupun tertulis. Caranya, kamu mesti bisa mengerti apa yang diinginkan dan dibutuhkan orang lain.

Latihlah kemampuanmu dalam berkomunikasi dengan berbicara dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Dengan begitu, kamu dapat mempelajari bermacam-macam tipe komunikasi dari banyak budaya yang berbeda.

3. Bisa Menerima Kritikan

1606441193-menerima-kritikan.jpgSumber: Freepik

Memberi penilaian dan mengritik orang lain biasanya lebih mudah untuk dilakukan ketimbang menerima kritikan dari orang lain. Padahal, kritikan yang membangun tentunya, sangatlah diperlukan untuk mengembangkan diri jadi lebih baik.

Ambil sisi positif dari kritikan yang kamu terima. Lalu, manfaatkan kritikan tersebut sebagai motivasi untuk lebih baik lagi.

4. Jejaring Sosial

1606441234-jejaring.jpgSumber: Freepik

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari lingkaran sosial dan pergaulan. Makin luas dan beragam pergaulanmu, maka makin banyak kesempatan terbuka buat kamu. Jadi, jangan malu-malu untuk menambah teman dari lingkungan manapun, asalkan yang positif ya?

5. Antusiasme

1606441207-antusias.jpgSumber: Freepik

Siapa sih yang nggak suka dengan orang yang bersemangat dan selalu memiliki energi dalam bekerja? Antusiasme sangat diperlukan untuk membangun sikap positif dalam bekerja, sekaligus memotivasi rekan satu tim.

Menunjukkan antusiasme dalam bekerja akan membuatmu jadi orang yang disukai, sekaligus aset berharga buat perusahaan.

 

Komentar
paper plane