menu
user
URoto

Ini 4 Tips Belajar Setir Mobil Transmisi Manual untuk Pemula

Anisa Kurniasih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ini 4 Tips Belajar Setir Mobil Transmisi Manual untuk Pemula
Image: Ilustrasi nyetir mobil (Freepik/aleksandarlittlewolf)

Jakarta - Mengendarai mobil transmisi manual menjadi salah satu pilihan saat pertama kali belajar menyetir

Menguasai cara berkendara mobil bertransmisi manual memang sedikit lebih sulit, namun biasanya, pengendara yang sudah terbiasa membawa mobil manual akan lebih mudah beradaptasi saat akan membawa mobil bertransmisi automatic.

Nah, buat kamu para pemula yang ingin mencoba belajar nyetir mobil bertransmisi manual, Honda Indonesia memberikan tips nih bagaimana langkah yang harus dilakukan agar tetap aman.

1. Kenali Fitur Mobil

1613622593-nyetir-mobil---aleksandarlittlewolf.jpgSumber: Ilustrasi nyetir mobil (Freepik/aleksandarlittlewolf)

Sebelum mulai mengendarai mobil, kamu harus memahami setiap fitur yang terdapat didalam kendaraan. Pada mobil manual terdapat tiga buah pedal, yakni kopling di sebelah kiri, rem di tengah dan gas di sebelah kanan, guys.  

Kopling berfungsi memutuskan putaran roda dan putaran mesin yang saling berhubungan, serta digunakan untuk menaikkan dan menurunkan transmisi. 

Rem berfungsi untuk menghentikan laju mobil, sedangkan gas berfungsi memberi dorongan agar mobil bisa berjalan.

2. Belajar Menyalakan Mobil

1605770612-nyetir-mobil.jpgSumber: Ilustrasi nyetir mobil (Freepik)

Setelah mengenakan seat belt, kini saatnya untuk menyalakan mobil. Pertama, pastikan tuas transmisi di posisi netral, yaitu di antara transmisi ketiga dan keempat.
Kemudian, pastikan juga kamu menginjak pedal kopling secara penuh, lalu nyalakan mesin mobil dengan starter yang ada pada kunci mobil. 

Ketika mesin telah menyala maka lepaskan pedal kopling. Meskipun dalam keadaan netral, menekan kopling sebelum menyalakan mesin mobil akan mencegah mobil melaju kedepan.

3. Belajar Memindahkan Transmisi

1602150079-wiper-4.jpgSumber: Wiper mobil (Freepik)

Satu lagi yang perlu kamu pelajari adalah transmisi. Transmisi rendah dapat kamu gunakan saat baru saja menjalankan mobil, melaju dalam kecepatan rendah serta melaju di tanjakan. Sementara itu, transmisi tinggi digunakan untuk melaju di kecepatan tinggi.

Hal penting yang harus diperhatikan jika ingin memindahkan transmisi mobil adalah mengatur putaran mesin dalam kondisi rendah yakni kurang dari 2000 rpm agar perpindahan transmisi terasa halus. 

Keuntungan terbiasa memindahkan transmisi mobil dalam keadaan putaran mesin rendah juga akan membuat konsumsi bahan bakar semakin hemat. 

Selain itu, perlu diingat bahwa kopling harus selalu digunakan ketika ingin menurunkan atau menaikkan transmisi. 

Setelah transmisi sudah dipindahkan maka kamu bisa menginjak gas jika ingin menaikkan kecepatan sambil melepas kopling secara perlahan.

4. Belajar Menjalankan Mobil

1602149995-wiper.jpgSumber: Wiper mobil (Freepik)

Setelah menekan kopling, cara yang dilakukan berikutnya adalah masukkan transmisi ke transmisi 1. 

Kemudian, secara perlahan lepaskan kopling dan pada saat yang sama injak pedal gas sedikit demi sedikit. 

Jangan lupa untuk melepas rem tangan, dan jika telah melepas kopling sepenuhnya, lakukan akselerasi secara normal.

Jika dirasa mobil terlalu cepat maka kamu perlu melakukan pengereman, dengan memindahkan kaki kanan kamu dari pedal gas ke pedal rem. Jika kendaraan akan berhenti, jangan lupa tekan pedal kopling agar mesin tidak mati.

 Nah, untuk yang baru belajar mengendarai mobil, jangan lupa untuk selalu berhati-hati dengan berkendara di tempat sepi atau lapangan luas. 

Sebaiknya, kamu juga didampingi oleh instruktur dari tempat kursus, atau orang yang sudah berpengalaman menyetir mobil. Selamat belajar!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait