menu
user
URsport

Ini Dia Empat Calon Venue Piala Menpora 2021

Rezki Maulana,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ini Dia Empat Calon Venue Piala Menpora 2021
Image: Empat calon venue Piala Menpora 2021, salah satunya Jalak Harupat. (liga-indonesia.id)

Jakarta - Piala Menpora 2021 akan dihelat bulan depan untuk pemanasan jelang Liga 1 2021. Lima venue pun sudah akan ditinjau lebih dulu Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), mana saja?

Piala Menpora bakal jadi pilot project untuk kegiatan olahraga di Indonesia pada masa pandemi virus corona. Jika memang sukses terlaksana, maka ada kemungkinan izin untuk cabang olahraga (cabor) lain bisa turun.

Setelah mendapat izin dari pihak kepolisian sekaligus restu dari pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo (Jokowi), pihak PT LIB dan PSSI langsung merancang protokol kesehatan untuk turnamen sekaligus venue-nya.

Nah, untuk venue, nantinya bakal ada lima kota yang ditunjuk yakni Palembang, Bandung, Solo, Sleman, dan Malang. Adapun klub-klub yang berasal dari lokasi venue adalah Persib Bandung, Bhayangkara Solo FC, PSS Sleman, dan Arema FC. Meski demikian, hanya ada empat yang dipilih, dengan kemungkinan Palembang sebagai cadangan.

Nantinya tim-tim di atas tidak akan bermain di kandangnya sendiri, sehingga bisa meminimalisir kemungkinan suporter datang ke stadion. Sebab meski suporter dilarang hadir di stadion dan menimbulkan kerumuman di manapun, hal itu masih sebatas imbauan dan tidak jelas penerapannya.

"Kalau mau fair, klub tuan rumah tidak ada main di kandang. Biar suporter tidak datang. Itu salah satu yang tengah dipikirkan," ujar Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan.

"Pertimbangan lainnya, tim harus merasa tidak ada di rumahnya. Masing-masing sama, bermain di luar homegroundnya," sambungnya.

Berikut profil kelima calon stadion Piala Menpora 2021

1. Stadion Si Jalak Harupat dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat

Kedua stadion ini adalah yang terbesar di Jawa Barat dan terletak di daerah Bandung, yang secara lokasi mudah dijangkau dari manapun. Si Jalak Harupat berkapasitas 27 ribu penonton, sementara GBLA lebih banyak yakni 38 ribu penonton.

Meski demikian, Stadion GBLA sempat bermasalah dengan infrastruktur stadion sehingga lama tidak dipakai. Yang pasti salah satu stadion itu akan dipakai oleh Piala Menpora.

2. Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah

Stadion Manahan Solo baru kelar direnovasi tahun lalu setelah dipugar sedari Agustus 2018. Stadion berkapaistas 20 ribu penonton rencananya akan jadi venu pembuka dan kemungkinan besar bakal dipilih, mengingat Bhayangkara FC bermarkas di sini.

Dengan kondisi venue yang masih baru, jelas prestise turnamen akan naik jika dihelat di sini.

3. Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta

Stadion Maguwoharjo yang merupakan kandang PSS Sleman juga dinilai paling tepat dijadikan venue. Lokasinya strategis dan punya kapasitas besar, 31.700 penonton. Stadion ini juga kerap dijadikan venue untuk pertandingan timnas Indonesia.

4. Stadion Kanjuruhan, Malang

Stadion Kanjuruhan yang merupakan kandang Arema FC jadi calon tuan rumah. Stadion ini sudah sering dijadikan venue untuk pertandingan level internasional dan nasional. Berkapasitas 42.499, Kanjuruhan jadi salah satu stadion terbesar di pulau Jawa.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait