menu
user
URsport

Piala Menpora Diizinkan, Ini Pesan Kapolri

Rezki Maulana,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Piala Menpora Diizinkan, Ini Pesan Kapolri
Image: Kapolri sudah memberikan izin Piala Menpora 2021. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

Sleman - Piala Menpora 2021 yang merupakan turnamen pramusim akhirnya diizinkan bergulir di tengah pandemi virus corona. Pihak kepolisan pun menitipkan pesan.

Setelah hampir setahun vakum, persepakbolaan Indonesia akan kembali berjalan lagi setidaknya bulan depan. Ya, tepatnya pada 20 Maret, akan ada turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora 2021.

Turnamen ini bakal jadi pilot project sebelum nantinya PSSI dan PT Liga Indonesia Baru menggelar kompetisi baru pada tengah tahun. Rencananya Liga 1 memang akan dihelat setelah libur lebaran.

Apalagi banyak tim yang sudah membubarkan skuatnya karena pandemi virus corona, sehingga kompetisi tak berjalan dan pemasukan klub pun seret. Kini Piala Menpora memberikan asa baru untuk tim-tim itu berkompetisi lagi.

Meski euforia itu kembali muncul, tapi tetap saja ada kekhawatiran soal kedisplinan penonton untuk tidak datang ke stadion.

Memang sudah ada wanti-wanti kalau klub akan disanksi berat jika ada suporter yang melanggar aturan tersebut, tapi siapa yang tahu kalau ada 1-2 yang mbalelo dan melanggarnya?

Maka dari itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai pihak yang memberikan izin memberi peringatan tegas bahwa penonton dan klub harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

"Tentu harapan kita sesuai dengan kesepakatan bahwa kita harus betul-betul menegakkan protokol kesehatan sehingga kemudian dalam kegiatan nanti ada di stadion dihadiri tanpa penonton hanya di dampingi oleh perangkat tim dan itu dibatasi jumlahnya," ujar Listyo Sigit saat kunjungan di Balai Kalurahan Maguwoharjo, Depok, Sleman, Jumat (19/2/2021).

"Sementara untuk penonton pecinta sepakbola supporter dipersiapkan TV dan streaming untuk kemudian bisa menonton tim yang disayangi dari rumah masing-masing atau tempat bekerja," sambungnya.

Surat izin dari Polri pun sudah diserahkan kepada PSSI dan PT LIB sebagai bukti kalau Piala Menpora bisa dihelat. Adalah Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang memberikan secara langsung di kantor Kemenpora kemarin.

"Hari ini saya serahkan secara resmi izin yang kami dapat dari Polri sebagai pegangan PSSI untuk gelaran pramusim," kata Zainudin.

"Pesan dari Kapolri, tolong ini dijaga dengan baik amanahnya. Mudah-mudahan ini menjadi contoh kegiatan-kegiatan berikutnya," sambungnya.

"Sudah saya teruskan izin kepada Ketum PSSI (Mochamad Iriawan). Dengan demikian PSSI dan PT LIB harus kerja cepat karena waktunya sangat singkat," tutup Zainudin.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait