Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Inilah Vaksin yang Paling Ampuh Perangi COVID-19 Varian Delta

Dyta Nabilah,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Inilah Vaksin yang Paling Ampuh Perangi COVID-19 Varian Delta
Image: AstraZeneca (Foto: Unsplash/MufidMajnun)

Jakarta - Saat ini, terdapat sebelas jenis vaksin COVID-19 yang sudah disetujui oleh berbagai negara di dunia. Walaupun begitu, penelitian baru mengungkap bahwa vaksin AstraZeneca dan Covidshield  terbukti paling efektif melawan varian delta.

AstraZeneca, jenis vaksin yang cukup populer di seluruh negara ini memang menjanjikan tingkat kemanjuran yang tinggi. Meski banyak kontra terhadap pemberlakuan vaksin tersebut karena efek sampingnya yang cukup kuat. 

Namun, terbukti bahwa AstraZeneca ini memang ampuh dalam memerangi varian delta yang saat ini sedang dikhawatirkan. 

Baca Juga : Indra Rudiansyah, Pemuda Indonesia di Balik Riset Vaksin AstraZeneca

Melansir dari Times of India, studi yang dilakukan mengenai varian delta dan vaksin AstraZeneca ini menemukan bahwa jenis vaksin tersebut ditetapkan sebagai yang utama di India. 

Berdasarkan penelitian tersebut, vaksin Astrazeneca menghasilkan lebih banyak antibodi sebagai penetralisir yang bermanfaat memerangi COVID-19 varian delta yang digadang-gadang lebih mudah menular. 

Baca Juga : Studi Sebut Campuran Vaksin AstraZeneca-Pfizer Hasilkan Respons Imun yang Kuat

Sejak pertama kali disetujui di India, tingkat kemanjuran yang tadinya 70 persen telah meningkat hingga 91 persen. Dosis kedua diberikan dengan jarak 8-12 minggu setelah penerimaan dosis pertama.

Studi lanjutannya juga menegaskan AstraZeneca bisa lebih efektif untuk orang-orang yang pernah tertular sebelumnya. Banyak pasien yang sudah pulih dari COVID-19 mendapat vaksin ini lebih memiliki banyak antibodi dibandingkan yang belum pernah terinfeksi. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait