Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Isi Ulang Tanpa Kemasan, Cara Hemat Belanja Produk Rumah Tangga

Deandra Salsabila,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Isi Ulang Tanpa Kemasan, Cara Hemat Belanja Produk Rumah Tangga
Image: Siklus jadi solusi hemat isi ulang produk rumah tangga (@siklusrefill/Instagram)

Jakarta - Apakah selama ini kamu berpikir jika membeli produk dalam bentuk sachet akan membuat kamu mengeluarkan uang yang lebih sedikit? Mungkin jawabannya adalah iya.

Namun, jika diteliti dan dibandingkan lagi, hal tersebut justru cenderung merugikan loh guys. Hal tersebut disampaikan oleh Brenda Cynthia Atmadja, selaku PR & Partnerships at Siklus.

“Ada orang yang terbiasa membeli produk sachet yang sebenarnya justru lebih mahal kalau dibandingkan sama ukuran yang lebih besar,” jelas Brenda melalui live Instagram URwealth bersama Urbanasia, Rabu (1/9/2021).

Hal itu membuat Siklus hadir untuk menjawab persoalan di atas. Siklus hadir karena melihat dua masalah. Selain masalah ekonomis, masalah plastik juga dianggap mengkhawatirkan. 

“Di Indonesia, orang-orang belum banyak yang aware kalau masalah plastik ini besar sebenarnya. Akhirnya, Siklus berdiri untuk menjawab dua permasalahan tersebut,” ucap Brenda.

1630495607-siklus.jpgSumber: Kegiatan Siklus ketika mengantarkan produk isi ulang (Instagram/@siklusrefill)

Siklus merupakan sebuah platform yang berdiri sejak April 2020. Siklus menyediakan jasa isi ulang produk tanpa plastik dan dengan harga yang murah. Kini, Siklus beroperasi di Jabodetabek.

“Waktu awal, modelnya ada box refill yang ditaruh di warung. Jadi daripada beli sachetan mending isi ulang. Seiring berjalannya waktu, akhirnya sistemnya sekarang by delivery. Masyarakat yang mau pesen bisa melalui aplikasi. Lalu, drivernya akan datang sesuai tanggal pengiriman yang sudah dipilih. Konsumen hanya tinggal menyediakan wadah dan driver akan menuangkan lalu diserahkan kepada pelanggan,” ujar Brenda.

Produk isi ulang yang ditawarkan Siklus adalah produk yang sudah dikenal oleh masyarakat, seperti Sunlight, Mama Lemon untuk produk sabun cuci piring. Dari sisi harga, Siklus menjual produk tersebut lebih murah 10-14% dibanding supermarket atau minimarket, tetapi tetap dengan harga normal bukan harga diskon. Selain kebutuhan home care, seperti sabun, sampo, detergen, dan pewangi, Siklus juga kini menyediakan satu bahan makanan, yaitu minyak goreng. 

“Rencana mau expand ke luar daerah Jabodetabek akhir tahun ini semoga bisa. Kenapa fokusnya di jabodetabek dulu karena termasuk kota besar dan konsumsi produk-produknya juga cukup tinggi,” tutup Brenda.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Urbanasia.com (@urbanasiacom)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait