beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Jadi Penguasa Inggris, Ini Profil Raja Charles III dan Permaisurinya

Elya Berliana Prastiti,
23 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jadi Penguasa Inggris, Ini Profil Raja Charles III dan Permaisurinya
Image: Raja Charles III dan Permaisuri Camilla. (Instagram/Clarencehouse)

Jakarta - Pangeran Charles yang merupakan Putra Mahkota Kerajaan Inggris, kini resmi dinobatkan menjadi Raja Inggris setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Kamis, 8 September 2022. 

Charles akan menyandang gelar Raja Charles III. Ia akan didampingi seorang permaisuri yang tak lain adalah istrinya, Camila. 

Untuk mengenal lebih jauh mengenai sosok Raja baru Inggris ini, berikut profil Raja Charles III dan permaisurinya itu yang dirangkum Urbanasia dari berbagai sumber.

Profil Raja Charles III

Charles merupakan anak tertua dari Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip. Pemilik nama lengkap Charles Philip Arthur George ini lahir pada 14 November 1948 di Buckingham Palace, London.

Sebagai anak tertua, Charles menjadi pewaris tahta Britania Raya yang sudah ditunjuk sejak tahun 1958 dan memiliki gelar Pangeran Wales.

Charles memiliki tiga saudara, yaitu Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward.

Charles menempuh pendidikan formal di sekolah Hill House, London pada 7 November 1956. Meski dirinya seorang Putra Mahkota, Charles tidak diperlakukan istimewa oleh sekolahnya.

Setelah itu, Charles sempat berpindah sekolah di Cheam Preparatory School, Berkshire Inggris, dan Gordonstoun di Skotlandia. Saat di sekolah pun, Charles dikenal sebagai murid yang pintar.

Kemudian, Charles melanjutkan pendidikannya untuk belajar ilmu arkeologi, antropologi dan sejarah di Universitas Trinity College, Cambridge dan lulus dengan gelar sarjana seni pada 23 Juni 1970. Kelulusannya tersebut membuat Charles menjadi anggota kerajaan ke-3 yang mendapat gelar sarjana.

Setelah lulus dari universitas, Charles tetap menjalani tradisi kerajaan dengan bergabung di Royal Air Force, Royal Navy, dan Royal Naval Air Station.

Pada Februari 1981, Charles bertunangan dengan Diana Spencer atau yang dikenal dengan Putri Diana. Keduanya pun menikah pada 29 juli 1981 dan dikaruniai dua anak yaitu Pangeran William Arthur Philip Louis dan Pangeran Henry ‘Harry’ Charles Albert David.

Namun, kehidupan rumah tangga keduanya berjalan tidak baik hingga akhirnya mereka memutuskan untuk berpisah pada tahun 1992 dan resmi bercerai pada tahun 1996.  

Kandasnya hubungan Charles dan Diana banyak disorot publik, lantaran rumor perselingkuhan Charles yang menjalin hubungan kembali dengan Camilla Rosemary Shand saat masih berstatus sebagai suami Diana.

Padahal, pernikahan Charles dan Diana disebut sebagai ‘pernikahan negeri dongeng’ karena disaksikan oleh banyak orang.

Setelah perceraiannya dengan Putri Diana, Charles menikah dengan Camilla pada 9 April 2005. Pernikahan keduanya pun sempat menjadi kontroversi dan tidak direstui oleh Ratu Elizabeth II.  

Profil Camilla Permaisuri

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait