beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Jadi Tempat Pemakaman Eril, Ini Fakta Menarik tentang Desa Cimaung

Hanisa Sutoyo,
14 Juni 2022 18.13.57 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jadi Tempat Pemakaman Eril, Ini Fakta Menarik tentang Desa Cimaung
Image: Taman Wisata Bougenville di Kecamatan Cimaung (Instagram/tamanwisatabougenville)

Bandung – Desa Cimaung yang berlokasi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat menyimpan keindahan alam khas Bandung yang memukau.

Cimaung ini menjadi perbincangan setelah ditetapkan sebagai lokasi pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz, putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Pemakaman itu tepatnya di Islamic Center Baitur Ridwan, Cimaung, Kabupaten Bandung. 

Desa Cimaung berdiri pada tahun 1908 dengan nama Cimaung Sabeulah. Nama ini memiliki filosofi yakni, ‘ci’ yang diambil dari ‘cai’ yang berasal dari sumur Desa Cimaung, dan ‘maung’ yang berarti manusia unggulan.

Berikut Urbanasia rangkum beberapa fakta menarik tentang Desa Cimaung yang terletak di Bandung Selatan:

Memiliki Sejumlah Objek Wisata

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Desa Cimaung memiliki keindahan alam dan udara yang sejuk, sehingga cocok dijadikan tempat wisata.

Urbanreaders yang berkunjung ke Desa Cimaung bisa berkunjung ke Taman Wisata Bougenville yang terletak di Jalan Gunung Puntang, Kecamatan Cimaung, Banjaran – Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Gunung Puntang yang jaraknya tidak jauh dari Desa Cimaung. Di sini kamu bisa bermain air di sungai kecil dan berkemah di rerumputan sambil menikmati indahnya pegunungan.

Jika tidak suka berkemah, kamu juga bisa menginap di villa-villa yang banyak disediakan di sekitar lokasi.

Menyediakan Situs Online Aktif

Desa Cimaung termasuk salah satu desa yang cukup mengikuti perkembangan zaman. Pasalnya, desa ini memiliki situs resmi yang masih aktif hingga saat ini.

Untuk mengetahui berbagai informasi tentang Desa Cimaung, kamu bisa langsung mengakses situsnya di laman https://www.cimaung.desa.id/.

Di situs tersebut, Urbanreaders bisa mendapatkan segala informasi yang berkaitan dengan Desa Cimaung, mulai dari profil desa, administrasi pemerintahan, hingga regulasi berupa produk hukum dan informasi publik. 

Dapat Diakses dengan Mudah

Berjarak 25 km dari pusat Kota Bandung, desa ini bisa dengan mudah kamu kunjungi menggunakan kendaraan pribadi maupun umum selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam.

Untuk akses menggunakan kendaraan umum, kamu bisa menaiki bus dengan rute Banjaran-Cikalong yang mengarah ke Banjaran.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kereta yang nantinya berhenti di stasiun Jalan Raya Pangalengan 104 dan berjalan kaki untuk mencapai Desa Cimaung.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait