beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Jane Fonda Derita Kanker, Jalani Kemoterapi di Usia 84 Tahun

Shelly Lisdya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jane Fonda Derita Kanker, Jalani Kemoterapi di Usia 84 Tahun
Image: Jane Fonda. (via AP)

Jakarta - Aktris Jane Fonda diketahui mengidap kanker limfoma non-Hodgkin di penghujung usia 84 tahun. 

FYI, Guys, limfoma non-Hodgkin adalah kanker yang berasal dari kelenjar dan saluran limfe, yaitu organ yang berfungsi sebagai bagian dari kekebalan tubuh.

Kabar tersebut dibagikan Jane Fonda melalui media sosial pribadinya pada Jumat (2/9/22).

Fonda menyebut kanker tersebut 'sangat dapat diobati', dan dia saat ini diwajibkan menjalani kemoterapi.

"Teman-teman terkasih, saya punya sesuatu hal pribadi yang ingin dibagikan. Saya telah didiagnosis dengan kanker Limfoma non-Hodgkin dan telah memulai perawatan kemoterapi," tulisnya di Instagram pribadinya, dikutip, Senin (5/9/2022).

"Ini adalah kanker yang sangat bisa diobati. 80 persen orang bertahan hidup, jadi saya merasa sangat beruntung," tulis Fonda.

Dia juga mengaku merasa beruntung karena memiliki asuransi kesehatan dan akses ke dokter dengan perawatan terbaik.

"Saya menyadari, dan itu menyakitkan, bahwa saya memiliki hak istimewa dalam hal ini," tambahnya.

Sejak enam bulan lalu, ia telah menjalani proses kemoterapi dan mendapat penanganan terbaik.

"Saya melakukan kemoterapi selama enam bulan dan saya menangani perawatan dengan cukup baik. Percayalah, saya tidak akan membiarkan semua ini mengganggu aktivitas saya," kata Fonda di Instagram.

Seperti diketahui, ini bukan pertama kalinya Jane Fonda berurusan dengan kanker. Ia sebelumnya pernah memiliki tumor yang telah diangkat di bagian payudara pada 2010 dan menderita kanker kulit.

Sementara untuk kariernya di industri hiburan, sejak dekade 1960-an, aktingnya mendapat pujian luas. Dia memenangkan Oscar untuk penampilannya dalam film 'Klute' pada 1971 dan 'Coming Home' di 1978.

Jane Fonda sudah tercatat ke dalam tujuh nominasi Oscar. Dua nominasi Aktris Terbaik di film 'Klute' (1971) dan 'Coming Home' (1978). 

Kemudian lima nominasi lainnya datang dari film yang ia perankan di antaranya 'Julia' (1977), 'The China Syndrome' (1979), 'On Golden Pond' (1981), dan 'The Morning After' (1986).

Saat ini Jane Fonda berperan sebagai Grace Hanson dalam serial komedi Netflix 'Grace and Frankie', yang dirilis sejak 2015 dan telah mendapatkan nominasi untuk Primetime Emmy Award dan tiga Screen Actors Guild Awards.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait