beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Jangan Asal Pilih! Makanan Juga Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental Loh 

Nivita Saldyni,
11 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jangan Asal Pilih! Makanan Juga Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental Loh 
Image: Ilustrasi makanan sehat. Sumber: Pixabay/Shirley810

Jakarta – Selain kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga gak kalah pentingnya. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata makanan yang kita konsumsi juga bisa mempengaruhi kesehatan mental kita loh.

Yap, asupan nutrisi yang kita peroleh dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata punya hubungan dengan baik atau buruknya kesehatan mental kita. Sebab apa yang kita konsumsi akan mempengaruhi kerja sel-sel di dalam tubuh kita, termasuk kerja otak hingga suasana hati kita.

Bagaimana makanan ‘bekerja’ untuk kesehatan mental kita?

Melansir Hardvard Health Publishing, seorang dokter yang ahli di bidang stres bernama Eva Selhub pada Maret 2020 lalu pernah menuliskan bahwa sekitar 95 persen serotonin atau hormone yang terkait dengan tidur, nafsu makan, hingga suasana hati diprosuksi di saluran pencernaan kita yaitu usus. Jadi selain berperan penting dalam sistem pencernaan, organ tubuh yang sering kali disebut ‘otak kedua’ ini juga punya peran penting terhadap suasana hati alias mood kamu, guys.

Bahkan penelitian juga menyebutkan bahwa konsumsi makanan sehat seperti ikan, daging tanpa lemak, sayur, dan buah bisa menurunkan risiko depresi sekitar 25-35 persen dibandingkan mereka yang sehari-hari mengonsumsi makanan tidak sehat seperti yang mengandung tinggi gula ataupun lemak jenuh. Sebab makanan-makanan yang tidak sehat itu akan memicu peradangan dan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit atau gangguan dalam pencernaan kita.

Untuk itu penting banget untuk kita memperhatikan apa yang kita makan sehari-hari. Pilihlah makanan yang sehat agar nutrisi dalam tubuh kita terpenuhi sehingga fungsi otak kita lebih maksimal. Namun yang gak kalah penting, kamu harus makan tepat waktu agar tubuh selalu siap beraktivitas dan mengurangi risiko stres.

Kandungan dalam makanan yang bisa membantu kita menjaga kesehatan mental

Jika makanan yang kita konsumsi penting bagi kesehatan mental, lalu jenis makanan apa saja yang sebaiknya kita konsumsi untuk menjaga mental kita tetap sehat?

Melansir dari berbagai sumber, ada banyak kandungan dalam makanan yang bisa membuat kesehatan mental kita tetap terjaga dengan baik. Berikut daftarnya!

Omega-3

Kandungan yang pertama adalah omega-3. Asam lemak omega-3 yang ada dalam ikan ternyata bisa membantu fungsi otak kita tetap bekerja dengan baik. Nutrisi satu ini juga dikenal punya efek anti-inflamasi. Makanan yang mengandung omega-3 ini misalnya salmon dan makarel.

Probiotik

Makanan dan minuman yang mengandung bakteri baik probiotik juga bagus untuk menjaga kesehatan mental kita. Probiotik diyakini bisa membantu kita meredakan stres ataupun rasa cemas. Beberapa makanan dan minuman yang mengandung probiotik di antaranya ada yogurt dan kimchi.

Vitamin B9

Kandungan lainnya dalam makanan yang bisa membantu kamu mencegah stres adalah vitamin B9 atau asam folat. Beberapa sumber makanan yang mengandung asam folat di antaranya sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, sereal, dan masih banyak lagi.

Vitamin B12

Nah kandungan lain yang diyakinin mampu mengurangi peradangan pada tubuh kita adalah vitamin B12. Kandungan vitamin B12 ini bisa ditemukan di telur, ayam, hingga sereal.

Vitamin D

Selain bagus untuk kesehatan tulang dan gigi, ternyata vitamin D juga baik untuk kesehatan mental kita loh. Vitamin D bisa kamu peroleh dari kacang kedelai, telur, susu, hingga sinar matahari ataupun suplemen.

Magnesium

Terakhir adalah magnesium. Mineral satu ini bisa kamu termukan di sayur, ikan, susu, dan kacang-kacangan. Mineral ini juga diyakini bisa mengurangi bahkan mencegah stres loh.

Nah itu dia guys daftar kandungan dalam makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan mental kamu tetap baik. Untuk itu penting banget memperhatikan makanan yang kita konsumsi agar nutrisi selalu terpenuhi dan tubuh serta suasana hati kita selalu dalam kondisi yang baik.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait