Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Tingkatkan Produksi Dopamin, Ini 5 Jenis Makanan yang Bikin Bahagia

Itha Prabandhani,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tingkatkan Produksi Dopamin, Ini 5 Jenis Makanan yang Bikin Bahagia
Image: Makan cokelat (pixabay/Nika-Akin)

Jakarta - Lagi sedih, bad mood, atau gloomy? Hempaskan aja dengan makan, guys. Tapi, bukan sembarang makanan, ya? Beberapa jenis makanan dipercayai dapat memicu produksi hormon dopamin, yang bakal memperbaiki mood kamu.

Dilansir dari Healthline, dopamin adalah hormon dalam tubuh yang berperan untuk menyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh. Dopamin sendiri adalah hormon pengendali emosi yang berpengaruh terhadap timbulnya perasaan menyenangkan, seperti bahagia, jatuh cinta, atau percaya diri.

Saat kadar hormon dopamin dalam tubuh meningkat, kamu akan merasa lebih senang dan bersemangat. Sebaliknya, jika kadarnya menurun, mood kamu pun akan ikut anjlok.

Secara alami, produksi hormon dopamin diatur oleh otak dan sistem saraf. Namun, kamu juga bisa merangsang produksi hormon dopamin dengan mengonsumsi sederet makanan berikut ini.

1. Makanan Tinggi Tirosin

1624071912-almond-oil---freepik-jcomp.jpgSumber: Almond Oil. (Freepik/jcomp)

Protein terdiri dari puluhan jenis asam amino, salah satunya adalah tirosin. Tirosin berperan sangat penting dalam produksi dopamin dalam tubuh. Makanan yang kaya tirosin antara lain kacang almond, keju, yoghurt, dan daging seperti ayam, sapi, atau kalkun.

2. Makanan Berlemak Sehat

1614135801-alpukat-pixabay-by-anne.jpegSumber: Ilustrasi Alpukat. (Foto: Pixabay/Anne)

Jenis lemak yang sehat untuk tubuh adalah lemak tak jenuh yang meliputi omega-3 dan omega-6. Kamu bisa mendapatkan jenis lemak sehat ini dalam minyak zaitun, alpukat, kuning telur, dan ikan seperti salmon atau makarel.

3. Probiotik

1616142670-Cimory-Yogurt-Squeeze.jpegSumber: Cimory Yogurt Squeeze. (Foto: Dok. PT Cisarua Mountain Dairy)

Menurut penelitian para ahli, ada hubungan yang erat antara sistem pencernaan dengan otak. Karena itu, jangan heran kalau kamu lagi merasa gugup atau gelisah, perut suka ikutan mules atau kembung.

Bakteri baik yang terdapat dalam lambung juga berpengaruh pada produksi dopamin dalam tubuh. Bahkan, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik dapat mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Makanan yang mengandung probiotik antara lain yoghurt, kefir, tempe, kimchi, dan acar.

4. Buah-buahan dan Sayuran Hijau

1619587612-Sayurbox.jpgSumber: Ilustrasi sayur/Freepik by Gpointstudio

Beberapa jenis buah-buahan seperti apel, pisang, stroberi, semangka, dan pepaya mengandung kuersetin dan tirosin yang akan merangsang produksi dopamin. Selain itu, buah-buahan dan sayuran hijau juga kaya dengan vitamin yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

5. Cokelat

1613729127-Churros-freepik.JPGSumber: Churros saus coklat. (Ilustrasi/Freepik)

Kamu mungkin udah sering dengar bahwa cokelat bisa membantu meningkatkan mood. Cokelat mengandung theobromin, anandamide, dan phenylethylamine, yang akan merangsang produksi dopamin dalam tubuh kamu.

Nah, sekarang sudah tahu kan, mesti makan apa saat kamu lagi galau?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait