beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

7 Makanan Tinggi Protein untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh

Itha Prabandhani,
31 Juli 2021 11.46.26 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Makanan Tinggi Protein untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh
Image: Ilustrasi makanan protein. (Pixabay/master1305)

Jakarta - Daya tahan tubuh yang kuat sangat diperlukan di masa-masa seperti sekarang ini. Selain menjaga kebugaran dengan berolahraga, kamu bisa memperkuat daya tahan tubuh dengan menambah konsumsi makanan tertentu.

Asupan makanan yang mengandung protein, baik protein hewani maupun protein nabati, sangat penting sebagai sumber energi sekaligus perbaikan jaringan tubuh. Selain itu, makanan yang mengandung protein tinggi dapat berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh, agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Dilansir dari Healthline, berikut sederet makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menambah asupan protein dalam tubuh.

1. Susu

1624330229-susu---freepik-jcomp.jpgSumber: Susu. (Freepik/jcomp)

Selain dikenal dengan kandungan vitamin D, susu juga mengandung protein tinggi. Kandungan protein dalam segelas susu sebanyak 8 gram. Kamu bisa mendapatkan manfaat susu dengan meminumnya secara langsung, maupun mengonsumsi olahannya yaitu yoghurt atau keju. Bonusnya, kamu juga ikut menjaga kesehatan tulang dan otot.

2. Telur

1627705835-telur---pixabay-RitaE.jpgSumber: Telur. (Pixabay/RitaE)

Sumber protein yang paling gampang kamu dapatkan adalah dari telur. Dalam satu butir telur terdapat 6 gram protein dan 78 kalori. Selain itu, telur juga mengandung vitamin A, folat, fosfor, kalsium, mineral, lemak sehat, dan antioksidan yang baik untuk menutrisi tubuh.

Kamu bisa mengolah telur menjadi berbagai makanan seperti kue, omelet, sandwich, maupun telur rebus. Menambahkan telur dalam menu harianmu akan memberimu energi yang baik untuk stamina sepanjang hari.

3. Tahu dan Tempe

1627705827-tempe---pixabay-mochamad-arief.jpgSumber: Tempe. (Pixabay/mochawalk)

Makanan berikutnya yang mengandung protein tinggi adalah tahu dan tempe. Makanan olahan kedelai ini dapat dibuat menjadi lauk maupun kudapan yang lezat. Selain itu, kandungan protein tinggi yang ada di dalamnya, akan membantu menjaga kesehatan tubuh dan menghindarkan kamu dari berbagai macam penyakit. Tempe juga mengandung prebiotik yang berfungsi meningkatkan kesehatan pencernaan.

4. Ikan Tuna

1627705856-Tuna---pixabay-design-n-print.jpgSumber: Ikan tuna. (Pixabay/DesignNPrint)

Selain kaya akan protein, ikan tuna juga mengandung asam amino dan omega-3 yang sangat bermanfaat buat tubuh. Di dalam 150 gram ikan tuna terdapat kandungan protein sampai 40 gram. Selain itu, ikan tuna juga rendah lemak dan kalori, sehingga baik untuk diet sehatmu. Konsumsi ikan tuna juga bisa menjauhkanmu dari penyakit jantung, anemia, dan darah tinggi.

5. Daging Sapi

1627705843-daging-sapi---pixabay-shutterbug75.jpgSumber: Daging sapi. (Pixabay/Shutterbug75)

Makanan tinggi protein lainnya yang bisa memperkuat daya tahan tubuhmu adalah daging sapi. Dalam 85 ons daging sapi dengan lemak, terkandung 22 gram protein dan 184 kalori. Selain protein, daging sapi juga mengandung vitamin B12 dan zat besi yang berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh serta mencegah anemia.

6. Dada Ayam

1627705864-dada-ayam---pixabay-siwon-lee.jpgSumber: Dada ayam. (Pixabay/kakyusei)

Protein hewani lainnya yang mengandung protein tinggi adalah dada ayam. Kandungan protein pada satu dada ayam tanpa lemak yaitu sebanyak 53 gram. Konsumsi dada ayam akan mendukung diet sehat kamu dan membuatmu merasa kenyang lebih lama.

7. Kacang Kacangan

1627705874-kacang---pixabay-piviso.jpgSumber: Kacang-kacangan. (Pixabay/piviso)

Manfaat protein juga bisa kamu dapatkan dari cemilan sehat, loh. Produk kacang-kacangan seperti edamame, kacang almond, dan kacang tanah merupakan sumber protein nabati yang cukup tinggi. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung magnesium, vitamin E, dan serat yang bisa mencegah dari berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait