menu
user
URtech

Jangan Berharap USB Type C Hadir di iPhone, Nanti Kecewa

Afid Ahman,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jangan Berharap USB Type C Hadir di iPhone, Nanti Kecewa
Image: USB Type C di iPhone. (Ilustrasi/9to5Mac)

Jakarta - Kamu yang selama ini berharap Apple mengubah port lightning ke USB Type C pada perangkat iPhone baiknya mulai melupakannya. Sebab raksasa teknologi asal Cupertino itu tidak akan melakukan itu.

Hal tersebut diutarakan analis Ming-Chi Kuo. Sekadar mengingatkan sosok tersebut kerap membuat prediksi soal perangkat Apple yang akan dirilis, dan sejauh ini apa yang dilontarkan tidak pernah meleset.

Selain USB Type C, Kuo mengatakan Apple tidak akan menempelkan Touch ID atau sensor sidik jari ke tombol power dalam waktu dekat.

“Pasar mengharapkan iPhone akan menggantikan lightning ke USB-C dan melengkapi tombol daya dengan sensor Touch ID. Namun survei terbaru kami menunjukkan bahwa tidak ada visibilitas pada iPhone untuk mengadopsi dua spesifikasi baru ini," terang Kuo.

Kuo punya alasan kuat soal itu. Menurutnya ketahanan air port USB-C tidak sebagus lightning. Dan tak kalah pentingnya adalah faktor cuan.

Jadi bila Apple mengganti port tersebut, artinya akan merugikan bisnis aksesoris sendiri, yakni Made for iPhone (MFi).

Bilapun benar-benar meninggalkan port lightning, kata Kuo, alih-alih memakai USB type, Apple bakal langsung mengadopsi desain tanpa port. Dan langkah tersebut sudah dimulai dari iPhone 12 dengan hadirnya MagSafe. 

“Tapi karena ekosistem MagSafe belum cukup matang membuat Apple masih menggunakan port lightning di iPhone masa mendatang,” terang Kuo.

Bicara soal Touch ID di tombol power, Kuo menilai teknologi Apple masih belum memadai. Walaupun seperti kita ketahui Apple telah menerapkan di iPad Air terbaru.

“Kami yakin iPhone akan secara signifikan meningkatkan pengalaman pengguna bila mengadopsi Touch ID yang menyatu dengan tombol power. Tapi, saat ini belum ada visibilitas mengenai waktu adopsi spesifikasi baru tersebut," tegas Kuo.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait