Hot News

Jakarta - Siapa sih yang nggak panas hati kalau nge-gap-in alias memergoki pacar lagi asyik berduaan sama orang lain? Sangat bisa dimengerti kalau kamu bakal langsung terbakar cemburu melihat pacar selingkuh di depan mata.

 Meski perasaan hancur lebur, tahan emosi dulu, guys. Kalau mengikuti amarah, yang ada masalah bakal jadi tambah runyam. 

Tindakan yang kamu lakukan atas dasar emosi, nggak akan berakhir dengan baik. Pastinya, kamu nggak mau menyesal belakangan, kan?

Terus, mesti gimana dong? Coba tarik napas dalam-dalam dan lakukan hal-hal berikut ini.

1. Hindari Drama

1592381889-putus-nggak-drama8.jpgSumber: Ilustrasi putus dengan pacar. (freepik)

Meski sulit untuk menahan emosi, cobalah untuk nggak membuat drama, apalagi di tempat umum. Selain hanya akan memalukan merendahkan dirimu sendiri, sikap drama cuma bakal bikin pacar makin males menyelesaikan masalah. 

Kalau kamu nggak bisa menahan emosimu, menjauhlah dulu dari pacar dan tenangkan diri. Sebisa mungkin hindari sikap impulsif apalagi sampai menggunakan kekerasan.

2. Minta Penjelasan pada Pacar

1600253719-selingkuh-nagih3.jpgSumber: Ilustrasi perselingkuhan. Sumber: Freepik.

Saat kamu sudah lebih tenang, temui pacar dan mintalah penjelasan atas tindakannya itu. Sampaikan perasaanmu dengan terus terang, jujur, dan tanpa basa basi. 

Lalu, beri kesempatan pada pacar untuk memberi penjelasan. Jangan buru-buru mengambil kesimpulan.

3. Diskusikan Masalahnya

1592357722-selingkuh.jpgSumber: Ilustrasi selingkuh. (Freepik)

Jika pacar berkata jujur dan mengakui bahwa ia memang berselingkuh, kamu dan pacar perlu membahas apa yang menjadi masalah dalam hubungan kalian. 

Apakah karena ia bosan, jenuh, atau memang sudah tidak ada keinginan untuk melanjutkan hubungan. Sepahit apapun kejujuran yang ia sampaikan, itu akan menjadi dasar untuk keputusan yang akan kamu ambil selanjutnya.

4. Pertimbangkan Kelanjutan Hubungan

1592357801-selingkuh3.jpgSumber: Freepik

Sesudah kamu dan pacar menyadari apa yang menjadi masalah dalam hubungan kalian, pertimbangkanlah apakah hubungan ini masih layak untuk dipertahankan. 

Kamu juga perlu melihat sejauh mana perselingkuhan yang sudah dilakukan pacar. Kalau apa yang dia lakukan sudah melebihi batas toleransimu, maka kamu mesti rela untuk melepaskannya.

5. Ambil Waktu untuk Memutuskan

1593573760-kecanduan-selingkuh.jpgSumber: Freepik

Jangan buru-buru mengambil keputusan saat hati masih panas dan dipenuhi emosi. Ambillah waktu untuk sendiri dulu dan pertimbangkan semuanya dengan masak-masak.

Lalu putuskan apakah hubungan ini lebih berharga daripada kesalahan yang sudah dilakukan pacar? Atau, apakah kamu tidak bisa lagi memaafkan kesalahannya dan memilih berpisah?

6. Jangan Salahkan Diri Sendiri

1592268665-cowok-selingkuh3.jpgSumber: Ilustrasi perselingkuhan. (Freepik)

Menghadapi kenyataan bahwa pacar tertarik pada orang lain, sangat rentan membuat kamu merasa kehilangan percaya diri. Kamu jadi merasa kurang menarik, kurang sempurna, atau kurang bisa membahagiakan pacar. Stop semua pikiran itu. 

Kamu mesti meyakinkan diri bahwa perselingkuhan ini bukan karena salahmu. Fokuskan energimu untuk mengatasi sumber masalah yang membuat pacar berselingkuh dan bagaimana menyikapi peristiwa ini.

7. Sembuhkan Luka Hati

moveon.jpgSumber: Pixabay

Sesudah mengalami situasi yang tidak mengenakkan ini, kamu akan perlu waktu untuk menyembuhkan luka hatimu. Mintalah dukungan dari keluarga dan teman-teman terdekat untuk membantumu melewati masa sulit ini.

Jangan memaksakan diri untuk bertemu dengan pacar atau bersikap seperti dulu lagi, kalau memang kamu masih sakit hati. Selama proses ini, biarkan semua hal terjadi secara alami, hingga kamu bisa merasa nyaman kembali.

Komentar

Loading ..