menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Jangan Langsung Dibuang, Ini 5 Manfaat Ampas Kopi

Itha Prabandhani,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jangan Langsung Dibuang, Ini 5 Manfaat Ampas Kopi
Image: Ilustrasi ampas kopi. (Freepik/yanadjana)

Jakarta - Buat kamu penikmat kopi tubruk, pastinya udah akrab dengan ampas kopi atau residu dari bubuk kopi yang mengendap di dasar cangkir. 

Biasanya, apa yang kamu lakukan dengan ampas kopi ini? Langsung dibuang begitu aja? Eits, tunggu dulu, guys! Meski tampak tak berguna, si ampas kopi ini ternyata masih bisa dimanfaatkan untuk hal lain, loh.

Apa aja sih manfaatnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini, ya?

1. Menyingkirkan Bau Tak Sedap

1613611500-bau---freepik-bilanol.jpgSumber: Ilustrasi. (Freepik/bilanol)

Kopi mempunyai sifat menyerap aroma di sekitarnya. Jadi, kalau kamu punya masalah dengan bau-bauan seperti bau kaki, bau apek di dalam mobil, atau bau tak sedap di kulkas, gunakanlah ampas kopi untuk menghilangkannya. Caranya pun sangat mudah, guys.

Untuk masalah bau kaki, kamu bisa mencampurkan ampas kopi dengan minyak kelapa, lalu gosokkan pada kaki dan diamkan selama kurang lebih 5 menit sebelum dicuci bersih. Selain bau tak sedap hilang, kakimu pun akan terasa lebih halus dan lembut.

Sedangkan untuk menghilangkan bau apek di dalam mobil atau kulkas, kamu bisa menaruh ampas kopi pada sebuah wadah, lalu letakkan di dalam mobil atau kulkas. Nggak seberapa lama aroma kopi bakal mengalahkan bau yang tak sedap.

2. Bikin Lilin Aromatherapy Sendiri

1613611537-aromaterapi---freepik-mk-studio.jpgSumber: Ilustrasi. (Freepik/mk studio)

Agar ruangan di rumah atau di tempat kerjamu nyaman dan harum, gunakanlah lilin aromatherapy. Lilin aromatherapy nggak cuma membantu kamu lebih fokus, tapi juga membuat mood lebih baik. Nah, kenapa nggak coba bikin sendiri di rumah? Caranya gampang, kok.

· Ambil air setengah panci, lalu didihkan.

· Taruh parafin dalam sebuah wadah, dan letakkan pada air yang mendidih di dalam panci. Airnya jangan sampai bercampur dengan parafin ya, guys?

· Setelah parafin meleleh, tambahkan crayon atau pewarna sesuai keinginan kamu, dan juga ampas kopinya. Aduk rata dengan pengaduk kayu.

·  Siapkan gelas sebagai cetakan, dan pasang sumbu lilin dengan cara mengikatkan sumbu pada batang lidi dan posisikan di tengah gelas.

· Setelah parafin, pewarna, dan ampas kopi tercampur sempurna, angkat wadah dari panci dan masukkan parafin cair ke dalam gelas cetakan.

· Tunggu hingga kering.

· Nyalakan lilin aromatherapy untuk membantumu merasa rileks.

3. Membersihkan Tangan dari Bau Amis

1613611573-cuci-tangan---freepik.jpgSumber: Ilustrasi cuci tangan. (Freepik)

Sesudah memasak ikan atau daging, biasanya bau amisnya masih tertinggal di tangan. Nah, sebelum cuci tangan menggunakan sabun, gunakan ampas kopi untuk menggosok tangan secara menyeluruh.

Selain menghilangkan bau amis, ampas kopi juga akan menghilangkan lengket di tangan dari ikan atau daging. Setelahnya, cuci dengan sabun seperti biasa.

4. Pengusir Serangga

1613611610-serangga---freepik-wirestock.jpgSumber: Ilustrasi serangga. (Freepik/wirestock)

Serangga seperti semut dan kecoa tak hanya bisa diusir dengan obat anti serangga, namun juga dengan bahan alami salah satunya ampas kopi. Caranya super gampang.

Taruh ampas kopi di sebuah wadah, lalu letakkan di tempat yang sering didatangi serangga. Semut dan kecoa bakal menyingkir dengan sendirinya.

5. Pembuat Scrub

1613611644-scrub---freepik-wayhomestudio.jpgSumber: Ilustrasi scrub kopi. (Freepik/wayhomestudio)

Manfaat ampas kopi yang selanjutnya adalah sebagai bahan pembuat scrub wajah, guys. Campurkan ampas kopi dengan madu, lalu gunakan sebagai scrub sekaligus masker wajah. Wajahmu pun dijamin bakal halus, lembut, dan tampak lebih cerah.

Selamat mencoba!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait