Hot News
URnews

Jenazah Gus Iim Diberangkatkan ke Jombang Siang Ini

Nivita Saldyni,
1 Agustus 2020
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jenazah Gus Iim Diberangkatkan ke Jombang Siang Ini
Image: KH Hasyim Wahid (Gus Iim). (ANTARA/HO/Abdul Rozak)

Jakarta - Jenazah KH Hasyim Wahid atau yang akrab disapa Gus Iim telah disalatkan di rumah duka yang berada di Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (1/8/2020) pagi.

Berdasarkan informasi yang diterima Urbanasia dari pihak keluarga, jenazah Gus Iim akan diberangkatkan ke Jombang, Jawa Timur siang nanti usai disalatkan di Ciganjur.

Jenazah akan diantar rombongan keluarga menempuh jalur darat menuju Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar, Jombang, Jawa Timur untuk dimakamkan di sana.

Sebelumnya, Irfan Wahid yang merupakan keponakan almarhum sempat membagikan rencana pemakaman Gus Iim pagi tadi. Putra dari almarhum KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah ini mengatakan rombongan akan berangkat pukul 12.30 WIB menuju Jombang.

"Pukul 21.00 diperkirakan jenazah tiba di Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar, Jombang, Jawa Timur. Pukul 22.00 WIB dilakukan pemakaman," tulisnya.

Sementara itu Pengasuh Pondok Pesantren Denanyar Jombang, KH Abdussalam Sohib, mengatakan bahwa pemakaman ini sesuai dengan permintaan Gus Iim semasa hidup.

Pria yang akrab disapa Gus Salam ini mengatakan Gus Iim sempat berpesan agar dimakamkan di dekat makam kakeknya, KH Bisri Syansuri, yang berada di kompleks Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar Jombang.

"Kami sudah koordinasi dengan keluarga. Untuk jadwal juga sudah kami terima. Ini sesuai permintaan beliau," kata Gus Salam, dikutip dari Antara.

Untuk Urbanreaders ketahui, KH Hasyim Wahid merupakan anak keenam dari KH Wahid Hasyim dan Nyai Hj Sholihah Munawaroh. Almarhum merupakan adik bungsu dari Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan juga Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, KH Salahudin Wahid (Gus Sholah).

Berbeda dengan kedua kakaknya, almarhum Gus Iim akan dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar. Sementara almarhum Gus Dur dan Gus Sholah sendiri dimakamkan di permakaman keluarga di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang. 


Loading ..