Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Joe Biden Berniat Calonkan Diri Lagi di Pilpres AS 2024

Nivita Saldyni,
11 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Joe Biden Berniat Calonkan Diri Lagi di Pilpres AS 2024
Image: Presiden AS Joe Biden. (Instagram @potus)

Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berniat untuk maju lagi pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Hal itu pun telah dikonfirmasi oleh Gedung Putih lewat juru bicara Gedung Putih, Jen Psaki.

“Dia akan maju. Itu niatnya,” kata Jen Psaki menjawab pertanyaan wartawan, seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (23/11/2021).

Sebelumnya, sejumlah politikus Partai Demokrat AS mempertanyakan rencana Biden untuk maju di Pilpres selanjutnya di tengah tingkat kepuasan publik terhadap Biden yang mengalami penurunan. Namun tak sedikit juga yang ragu soal kesehatan Biden.

Dilansir dari New York Post, hasil survei Universitas Quinnipiac yang dirilis minggu lalu menemukan 53 persen pemilih terdaftar tidak setuju dengan kinerja Biden dan hanya 38 persen yang setuju. Sementara survei ABC News/Washington Post yang dilakukan pada 7-10 November menunjukkan ada 57 persen ketidaksetujuan dan 38 persetujuan terhadap kinerja Biden.

Sedangkan hasil survei Politico/Morning Consult yang dirilis 17 November lalu menemukan bahwa 50 persen pemilih terdaftar tidak setuju dengan pernyataan 'Joe Biden dalam keadaan sehat'. Sementara hanya 40 persen setuju dan 10 persen memilih tidak tahu.

Hasil survei itu juga menemukan bahwa 48 persen pemilih tidak setuju dengan pernyataan 'Joe Biden sehat secara mental'. Sementara 46 persen setuju dan 6 persen memilih tidak tahu.

Kekhawatiran atas kesehatan dan usia Biden ini bukanlah hal baru. Terlebih Joe Biden merupakan orang paling tua yang menjabat sebagai presiden AS di usia 78 tahun saat mengalahkan Donald Trump dalam Pilpres 2020 lalu. Biden sendiri akan berusia 82 tahun jika kembali dilantik sebagai presiden untuk masa jabatan keduanya di tahun 2024 mendatang.

Joe Biden sendiri telah menjalani pemeriksaan fisik pertamanya sejak menjabat Presiden AS, Jumat (19/11/2021) lalu di Walter Reed Medical Center. Hasilnya, Dr. Kevin O'Connor mengatakan bahwa pria berusia 79 tahun itu mengalami kaku saat berjalan dan batuk yang berhubungan dengan naiknya asam lambung. Kendati demikian dokter menyatakan bahwa Biden saat ini dalam kondisi yang baik untuk bertugas sebagai presiden.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait