beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Jokowi dan Xi Jinping Saksikan Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Putri Rahma,
17 November 2022 08.49.41 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jokowi dan Xi Jinping Saksikan Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Image: Ilustrasi kereta cepat. Sumber: KCIC

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping secara bersama-sama melihat uji coba operasional kereta cepat Jakarta-Bandung dari Stasiun Tegalluar, Bandung menuju Jakarta setelah penyelenggaraan KTT G20 di Bali.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan melaporkan terkait progress pembangunan kereta api cepat yang saat ini sudah mencapai 80,40 persen. Ia dan pihak National Development and Reform Commision (NDRC) yang terus menjalin koordinasi dengan baik untuk memastikan penyelesaian proyek yang dicanangkan selesai tahun depan.

"Ini harus jadi dan tidak boleh mundur. Itu adalah tekad saya pribadi untuk menyelesaikan ini. Proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung ini adalah salah satu protek utama Global Maritime Forum dan Belt and Road Initiative yang menjadi landmark kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok," kata Luhut, mengutip ANTARA, Kamis (17/11/2022).

Pemerintah Indonesia sangat berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh terhadap proses penyelesaian kereta cepat Jakarta-Bandung baik dalam dukungan kebijaksanaan maupun finansial.

Selain itu, Luhut juga mengatakan bahwa Proyek tersebut telah menjadi batu loncatan untuk beberapa proyek kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok seperti sejumlah kawasan industri Indonesia dan beberapa proyek kerja sama lainnya.

"Kami mengharapkan Presiden Xi Jinping bisa menghadiri peresmian operasional kereta api cepat Jakarta-Bandung pada pertengahan tahun depan bersama dengan Presiden Joko Widodo," ucapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyebut  Presiden China Xi Jinping dengan sebutan kakak besar.

"Sekali lagi saya ingin sampaikan selamat datang di Bali kepada Presiden Xi Jinping dan senang sekali saya dapat menyambut kakak besar di Bali setelah pertemuan kita di Beijing," kata Presiden Jokowi.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga turut memberikan ucapan selamat kepada Presiden Xi Jinping yang telah terpilih sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok.

"Tadi kita juga telah melihat penyelesaian kereta api cepat Jakarta-Bandung dan saya optimis kereta cepat dapat beroperasi pada bulan Juni 2023," jelasnya.

Menjadi salah satu negara yang mengikuti G20, Presiden Xi Jinping pun memberikan ucapan selamat kepada Presiden Jokowi atas keberhasilan KTT G20 di Bali. Ia mengatakan bahwa Indonesia telah menyumbangkan tenaga Indonesia dalam tata kelola global serta untuk mendorong pemulihan ekonomi dunia.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait