menu
user
URnews

Jokowi Orang Pertama Divaksin COVID-19, Moeldoko: Tak Ada Aturan Khusus

Healza Kurnia H,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jokowi Orang Pertama Divaksin COVID-19, Moeldoko: Tak Ada Aturan Khusus
Image: Presiden Joko Widodo saat mengumumkan mengenai program vaksinasi COVID-19 di Indonesia secara daring, Rabu (16/12/2020) siang. (Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta - Masih ingatkah kalian dengan janji Presiden Jokowi yang akan menjadi orang pertama di Indonesia untuk menerima vaksinasi COVID-19?

Nah, baru-baru ini Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko menyebut tak ada mekanisme khusus saat Presiden Joko Widodo divaksinasi COVID-19, guys.

Vaksinasi terhadap Jokowi prosedurnya akan sama dengan masyarakat umum.

"Kalau vaksinasi kepada Presiden sama, tidak ada bedanya dengan yang lain karena prosedurnya sama. Mungkin petugas dateng tinggal buka, jebret, selesai, kan begitu, enggak terlau sulit," kata Moeldoko di kantornya, Senin (4/1/2021).

Moeldoko mengatakan untuk jadwal vaksinasi Presiden disesuaikan dengan penerbitan izin edar daurat atau emergency use authorization vaksin yang saat ini belum dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Moeldoko sendiri menyebutkan bahwa vaksinasi ditargetkan akan dimulai pada pertengahan atau minggu ketiga Januari 2021.

"Kita tunggu, tinggal tunggu waktunya, tinggal tunggu jadwalnya," ujarnya.

Moeldoko memastikan tidak sulit untuk mengatur pelaksanaan vaksinasi Presiden. Justru, yang betul-betul harus dipikirkan ialah distribusi dan lokasi vaksinasi untuk masyarakat umum.

Menurut Moeldoko, Jokowi juga sudah memerintahkan seluruh pemangku kepentingan yang berkaitan dengan vaksin untuk mengatur penyelenggaran vaksinasi dengan sebaik-baiknya.

"Siapa berbuat apa, bagaimana mengaturnya, waktunya berapa lama, cara distribusinya bagaimana, dan seterusnya, yang menjadi prioritas siapa," kata Moeldoko.

"Semuanya sudah diberikan petunjuk oleh Presiden kira-kira dua bulan yang lalu, sehingga semuanya sekarang sudah pada posisi menunggu kapan janjinya dilakukan," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah berulang kali menyampaikan bahwa dirinya akan menjadi orang pertama yang divaksin COVID-19.

Langkah ini, kata Jokowi, untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin virus corona aman digunakan. 

"Saya juga ingin tegaskan lagi, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman," katanya dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020).

Jokowi juga mengatakan bahwa vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat rencananya dimulai pada pertengahan Januari 2021.

Komentar
paper plane