beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Jokowi Pastikan Tidak Ada Penghapusan dan Pengalihan Daya Listrik 450 VA

Nivita Saldyni,
16 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jokowi Pastikan Tidak Ada Penghapusan dan Pengalihan Daya Listrik 450 VA
Image: Presiden Jokowi memberikan keterangan pers usai meresmikan Jalan Tol Cibitung–Cilincing, Selasa (20/09/2022) pagi, di Gerbang Tol Gabus, Bekasi, Jabar. (Dok. Humas Setkab/Teguh)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) nyatakan pemerintah tak melakukan penghapusan maupun pengalihan golongan pelanggan listrik dengan daya 450 VA.

“Tidak ada. Tidak ada penghapusan untuk yang 450 (VA). Tidak ada juga perubahan dari yang 450 ke 900, tidak ada,” ungkap Jokowi menjawab pertanyaan wartawan usai meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing, Selasa (20/9/2022).

Jokowi menjelaskan bahwa pemerintah tidak pernah membicarakan wacana itu. Jokowi pun berharap masyarakat tidak perlu resah menanggapi isu tersebut karena pemerintah masih tetap memberikan subsidi bagi pelanggan listrik 450 VA.

"Subsidi untuk yang 450 tetap, tidak ada penghapusan yang 450 dan perubahan dari 450 ke 900. Tidak ada. Jangan sampai nanti yang di bawah resah gara-gara statement mengenai itu,” terang Jokowi.

Sebelumnya, isu penghapusan golongan pelanggan listrik daya 450 VA itu muncul dari usulan Ketua Badan Anggaran DPR Said Abdullah. Ia menjelaskan, saat ini Indonesia tengah mengalami kelebihan suplai yang memberatkan keuangan negara.

Said menjelaskan seiring dengan penerapan energi baru terbarukan (EBT), maka jumlahnya mencapai sekitar 41 gigawatt (GW) pada 2030. Untuk menyeimbangkan antara suplai dan permintaan listrik, maka Said menyarankan adanya penghapusan dan pengalihan golongan listrik dengan menaikkan daya listrik pelanggan 450 VA menjadi 900 VA.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait