Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Jokowi Sebut Smelter PT Freeport di Gresik Jadi yang Terbesar Dunia

Nivita Saldyni,
9 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jokowi Sebut Smelter PT Freeport di Gresik Jadi yang Terbesar Dunia
Image: Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di KEK Gresik, Selasa (12/10/2021). (YouTube/Sekretariat Presiden)

Gresik - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, Selasa (12/10/2021). Ia menyebut, smelter ini jadi yang terbesar di dunia.

"Kita mendapatkan laporan bahwa smelter yang akan dibangun dengan desain single line ini terbesar di dunia karena mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun," kata Jokowi dalam sambutannya, Selasa (12/10/2021).

"Bisa bayangkan? 1,7 juta ton. Itu kalau dinaikkan ke truk yang kecil itu, biasanya bisa mengangkut 3-4 ton, berarti berapa truk yang akan berjejer di sini? Kalau (setiap truk) isinya 3 ton saja, itu berarti ada 600 ribu yang berjejer di sini. Bayangkan, ini gede sekali,” jelasnya lebih lanjut.

Jokowi juga menyebut bahwa smelter yang dibangun di atas lahan seluas 100 hektare ini diproyeksikan bakal menyerap hingga 40 ribu tenaga kerja, loh. Sehingga setelah pembangunan rampung dan siap dioperasikan, maka jumlah lapangan kerja yang terbuka di Jawa Timur akan semakin besar.

Adapun pembangunan ini bertujuan untuk menciptakan nilai tambah produk tambang di dalam negeri. Apalagi Indonesia masuk dalam kategori tujuh negara yang memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia. 

“Inilah kenapa smelter PT Freeport ini dibangun di dalam negeri, yaitu di Gresik, Provinsi Jawa Timur. Ini adalah sebuah kebijakan strategis terkait dengan industri tambang tembaga setelah kita menguasai 51 persen saham Freeport dan saat itu juga kita mendorong agar Freeport membangun smelter di dalam negeri karena sekali lagi, kita ingin nilai tambah itu ada di sini,” bebernya.

Menurutnya, pembangunan smelter ini akan memperkuat hilirisasi industri. Untuk itu ia meminta perusahaan tambang baik swasta maupun BUMN untuk melakukan hilirisasi agar komoditas tambangnya memiliki nilai lebih tinggi.

“Saya berharap kehadiran PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus di Gresik ini akan menjadi daya tarik bagi industri-industri lain untuk masuk ke KEK Gresik ini, khususnya industri turunan tembaga untuk ikut berinvestasi di sini,” harapnya.

Untuk tu, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah akan terus memberikan dukungan penuh dalam berbagai hal agar iklim investasi di Indonesia semakin baik. Dengan begitu harapannya Indonesia akan makin diminati sebagai negara tujuan investasi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait