menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Jumlah Pengguna Bank Digital di Indonesia Meningkat

Eronika Dwi,
24 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jumlah Pengguna Bank Digital di Indonesia Meningkat
Image: Ilustrasi Dompet Digital. (Pixabay/mohamed_hassan)

Jakarta - Jumlah pengguna bank digital bertambah sebanyak lebih dari tiga juta pengguna baru pada 2020 berdasarkan laporan Momentum Works Rise of Digital Banks in Indonesia.

Laporan tersebut merupakan penilaian sistematis pertama untuk sektor perbankan digital Indonesia. 

Bank digital Jenius memimpin sebanyak 1,4 juta dalam daftar tersebut, diikuti oleh Nyala milik OCBC 0,51 juta, PermataMe 0,50 juta, TMRW milik UOB 0,27 juta, dan Digibank milik DBS 0,20 juta. 

Nyala by OCBC dan PermataMe merupakan perbankan digital yang menjadi bagian dari penawaran perbankan yang lebih besar. Sedangkan yang lainnya merupakan perbankan digital murni.

Secara keseluruhan, jumlah pengunduh baru aplikasi bank digital di Indonesia, yang mewakili pertumbuhan pengguna dan juga pertumbuhan kesadaran masyarakat, meningkat sebesar 7 persen YoY menjadi empat juta pada 2020.

Pemain kunci (Jenius, Digibank, TMRW) melakukan banyak inisiatif yang cukup agresif untuk merebut pangsa pasar melalui banyaknya penawaran dan promosi. 

Pemain lama perbankan digital juga turut serta mencoba mendirikan beberapa bank digital baru untuk menguji fitur atau insentif baru.

Saat ruang pengguna perbankan digital semakin matang, retensi pelanggan melalui mobile product, harga, fitur, dan customer service akan menjadi semakin penting. 

Meski begitu, dunia perbankan digital di Indonesia dapat disebut masih dalam tahap awal pengembangan, yang mana masih banyak hal mungkin berubah. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait