menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Kabel Bawah Laut Telkom Putus, Internet di Jayapura dan Sarmi Terganggu

Afid Ahman,
7 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kabel Bawah Laut Telkom Putus, Internet di Jayapura dan Sarmi Terganggu
Image: Ilustrasi jaringan WiFi. (Pixabay)

Papua - Kabel bawah laut milik Telkom terputus di Papua. Imbasnya akses internet di tiga daerah yakni Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan Kabupaten Sarmi terganggu.

Masalah tersebut dibenarkan Kepala PT. Telkom Papua Sugeng Widodo. Dia mengatakan kabel putus pada Jumat (30/4/2021) malam sekitar pukul 21.30 WIT di titik 360 kilometer yang berada di wilayah Jayapura antara Sarmi dengan Biak.

"Memang benar sekitar pukul 21.30 WIT kabel optik bawah laut antara Sarmi-Biak putus hingga menyebabkan gangguan telekomunikasi. Mohon maaf kepada para pelanggan atas ketidaknyamanan tersebut, " ucap Sugeng

"Kabel optik bawah laut antara Sarmi-Biak putus hingga menyebabkan gangguan telekomunikasi," sambungnya. 

Untuk sementara layanan telepon seluler di Jayapura dan Sarmi hanya bisa untuk telepon dan SMS saja.

"Untuk sementara hanya bisa telepon dan SMS saja," ujarnya.

Selain Jayapura dan Sarmi, layangan internet di daerah lain di Papua diklaim tak terganggu. Untuk sementara layanan sebagian sudah dialihkan ke satelit namun belum bisa maksimal. 

"Layanan data baik fixed maupun mobile broadband masih dalam proses pemulihan kualitas layanan secara bertahap dengan mengoptimalkan kapasitas satelit, sistem komunikasi radio IP terrestrial, termasuk pemanfaatan jaringan Palapa Ring Timur," ujar  Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut dia menyampaikan permohonan maaf perseroan atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan dan masyarakat di wilayah Jayapura akibat terganggunya layanan data internet.

"Kami akan mengupayakan percepatan agar kualitas layanan bisa segera kembali normal,” kata Pujo.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait