beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Kaldera Toba Resmi Jadi Bagian UNESCO Global Geopark

Anita F. Nasution,
hampir 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kaldera Toba Resmi Jadi Bagian UNESCO Global Geopark
Image: Toba Kaldera. (Instagram @Toba_caldera_geopark)

Jakarta - Kaldera Toba akhirnya telah resmi ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark di sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO nih urbanreaders.

Penetapan Kaldera Toba sebagai UNESCO Global Geopark tersebut disampaikan oleh Duta Besar RI untuk UNESCO Arrmanatha Nasir lewat keterangan tertulisnya pada Rabu, 8 Juli 2020.

“Melalui penetapan ini, Indonesia dapat mengembangkan geopark Kaldera Toba melalui jaringan Global Geoparks Network dan Asia Pacific Geoparks Network khususnya dalam kaitan pemberdayaan masyarakat lokal,” ujar Arrmanatha Nasir seperti mengutip Antara, Kamis (9/7).

Yup, penetapan Kaldera Toba sebagai UNESCO Global Geopark menunjukkan bahwa negara anggota UNESCO memberikan dukungan untuk pelestarian serta melindungi Kaldera Toba sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark.

Mendapatkan pengakuan dan perhatian dunia dengan menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark, tentu saja membuat pemerintah serta masyarakat setempat memiliki kewajiban untuk memelihara kawasan Kaldera Toba dengan meningkatkan penjagaan kelestarian lingkungan serta keutuhan kawasan tersebut.

Nah, Kaldera Toba yang berada di Provinsi Sumatera Utara ini memang menjadi salah satu keindahan serta kekayaan budaya yang membuat kawasan Danau Toba menjadi salah satu tujuan objek wisata andalan di Indonesia guys.

Kaldera Toba yang terbentuk dari ledakan super vulkanik 74.000 tahun lalu ini menjadi bagian yang tak teroisahkan dari Danau Toba yang kini masuk ke dalam 10 Bali Baru.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait