menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Kapal Selam KRI Nanggala-402 Terdeteksi Berada di Kedalaman 850 Meter

Ardha Franstiya,
24 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kapal Selam KRI Nanggala-402 Terdeteksi Berada di Kedalaman 850 Meter
Image: KRI Nanggala 402 (Foto: Dok. KRI Nanggala)

Jakarta - Hilang kontak sejak Rabu (21/4) lalu di Perairan Bali, kini Kapal Selam KRI Nanggala-402 terdeteksi berada di kedalaman hingga 850 meter di bawah permukaan laut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

"Unsur-unsur kami bersama dengan bantuan dari negara sahabat akan berusaha keras untuk evakuasi ini karena kedalaman laut yang kita deteksi tadi adalah pada kedalaman 850 (meter)," ujar Yudo saat menggelar konferensi pers, mengutip ANTARA, Sabtu (24/4).

Lanjut Yudo, kedalaman tersebut membuat penyelamatan dan evakuasi KRI Nanggala-402 cukup sulit dilakukan. Meski demikian, sejumlah pihak seperti Polri, Basarnas, serta beberapa pasukan dari negara lain akan terus mengupayakan evakuasi. 

"Posisi ini sangat berisiko dan sangat memiliki kesulitan yang tinggi baik untuk ROV maupun untuk pengangkatan nantinya,” ungkapnya. 

Di kesempatan yang sama, Yudo mengatakan pihaknya telah berhasil menemukan serpihan dan barang atau komponen kapal selam KRI Nanggala-402.

Komponen tersebut di antaranya, pelurus tabung torpedo, pipa pendingin, botol berwarna oranye yang berfungsi untuk pelumasan naik turun kapal selam, alas yang dipakai ABK, serta spons.

"Komponen tersebut yakni pelurus tabung torpedo, Grease (Pelumas Kapal Selam), alas untuk salat dan beberapa sponge yang mengecil," jelas Yudo.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait