menu
user
URtainment

Kasus Dugaan Young Lex Plagiat MV Lay 'EXO' Disorot Media Asing

Kintan Lestari,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kasus Dugaan Young Lex Plagiat MV Lay 'EXO' Disorot Media Asing
Image: (Kiri) Young Lex, (kanan) Lay EXO. (Instagram)

Jakarta - Pada Senin (9/3/2021) rapper Indonesia, Young Lex, membuat geram penggemar Kpop, terutama penggemar EXO.

Pasalnya music Video (MV) terbarunya yang berjudul 'Raja Terakhir (The Last King)' dituding menjiplak MV Lay EXO yang berjudul 'LIT' yang rilis pada bulan Juni 2020.

Penggemar menemukan elemen musik, visual, gaya, dan koreografi dalam MV Young Lex semuanya sangat mirip dengan MV member EXO asal Cina itu.

Rupanya pemberitaan plagiarisme MV ini pun sampai ke media yang membahas seputar Korea, yakni Koreaboo, dengan artikelnya yang berjudul 'Indonesian Rapper Young Lex Under Fire For Plagiarizing EXO Lay’s Music Video'.

1615341388-koreaboo.jpgSumber: Artikel Koreaboo yang memberitakan dugaan plagiarisme MV 'Raja Terakhir' Young Lex dan MV 'LIT' Lay EXO. (Tangkapan layar Koreaboo)

Koreaboo membeberkan bukti-bukti berupa adegan yang sama dari MV 'LIT' pemilik nama asli Zhang Yixing itu dan MV 'Raja Terakhir' Young Lex. 

Portal media tersebut juga memperlihatkan postingan Young Lex yang di pin di kolom komentar YouTube-nya kemarin, yang bertuliskan "Fans k-pop otak micin akan bilang ini plagiat".

1615341374-mv-sama.jpgSumber: Koreaboo memperlihatkan adegan-adegan yang sama di MV 'Raja Terakhir' Young Lex dan MV 'LIT' Lay EXO. (Tangkapan layar Koreaboo)

Young Lex sendiri mengenai tudingan plagiarisme semalam (9/3/2021) memberikan klarifikasi. Rapper 28 tahun ini mengatakan kalau dirinya tidak ikut campur dalam proses produksi MV yang digunakan untuk 'Three Kingdoms: Hero Legendaris' itu.

"Gua sebenarnya nggak kesel dibilang plagiat soal videonya karena itu bukan urusan gua. Itu ursan ph yang ngerjain. Tugas gua, gua di-hire sebagai pembuatan lagu, dan gua sama sekali nggak menjiplak lagunya," klarifikasi Young Lex di kanal YouTube-nya.

"Soal video gua nggak berurusan, gua hanya pembuat lagunya, dan lagunya sama sekali tidak melihat Lay EXO," kata Young Lex lagi.

Ia mengaku kesal melihat komentar-komentar yang ditujukan padanya, dan mengatakan tidak akan meminta maaf pada orang bodoh.

"Gua akan tetap minta maaf untuk tidak minta maaf sama orang tol*l semuanya," kata Young Lex.

Dari pantauan Urbanasia pagi ini, MV 'Raja Terakhir' Young Lex sudah tidak ada di kanal YouTube-nya.

Gara-gara MV tersebut, kemarin tagar Young Lex, Naga, dan Respect Zhang Yixing menempati jajaran trending topic Twitter.

Penggemar Lay di Cina juga telah menghubungi Lay Studio, dan dikabarkan Lay Studio sudah mengetahui masalah ini. Namun manejemen tersebut belum menanggapi isu plagiarisme ini ke publik.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait