menu
user
URtech

Kecanduan Scrolling Medsos Bisa Ganggu Kesehatan, Ini Cara Atasinya!

Nivita Saldyni,
9 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kecanduan Scrolling Medsos Bisa Ganggu Kesehatan, Ini Cara Atasinya!
Image: Ilustrasi gadget (Pixabay/kaboompics)

Jakarta - Kamu termasuk orang yang selalu scrolling media sosial sepanjang hari? Hati-hati guys, kalau ini jadi kebiasaan, bisa-bisa kesehatan kamu bakal terganggu loh.

Dr Kojo Sarfo, seorang psikiater di Amerika Serikat mengatakan, banyak orang punya rutinitas yang sama setiap hari. Bangun tidur langsung memeriksa ponsel, kemudian scrolling, membaca, makan, scrolling lagi, menonton, scrolling lagi, dan tidur. 

"Rutinitas seperti ini sangat tidak sehat bagi tubuh Anda, tetapi paling berbahaya bagi kesehatan mental Anda," kata Sarfo dikutip dari situs pribadinya, Kamis (8/4/2021).

Nah gangguan pada kesehatan yang bisa disebabkan dari kebiasaan ini, kata Sarfo, di antaranya adalah kurangnya waktu tidur. Kamu juga bisa mengalami FOMO atau'Fear of Missing Out' yang biasanya bakal menciptakan perasaan negatif dan menimbulkan kecemasan bahkan depresi.

Tapi tenang guys, hal ini bukan berarti nggak bisa diatasi loh. Ada beberapa cara yang disarankan Sarfo untuk kamu yang ingin berhenti dari kecanduan scrolling ini. Berikut lima tips dari Sarfo:

1. Buat Jadwal Khusus untuk Main Media Sosial

1617860996-social-media---pixavay--vladgeorge3.jpgSumber: Ilustrasi gadget (Pixabay/vladgeorge3)

Menurut Sarfo, salah satu cara terbaik untuk lepas dari kebiasaan scrolling media sosial dalam waktu yang lama adalah dengan menerapkan waktu khusus bermain media sosial setiap harinya. Jadi kamu harus ketat mengatur jadwal bermain media sosial. 

Apalagi beberapa aplikasi saat ini sudah dilengkapi dengan fitur yang memberi tahu berapa banyak waktu yang  kamu habiskan dalam menggunakan aplikasi mereka. Beberapa smartphone bahkan sudah dilengkapi fitur untuk membatasi waktu penggunaan aplikasi. Atau bisa juga nih download aplikasi di Google Play Store atau Appstore untuk membantu kamu atur waktu penggunaan media sosial.

2. Jauhkan handphone saat tidur

1617099436-HP-Tidur-Freepik-Freepik.JPGSumber: Ilustrasi tidur dekat handphone. (Freepik)

Meletakkan handphone di samping kita saat tidur bukanlah hal yang baik. Sebab hal ini akan membuat kamu tergoda untuk memeriksanya sebelum tidur, bahkan di pagi hari saat kamu sudah bangun. 

Kalau hal ini terjadi, usahamu bakal sia-sia. Kamu bakal mulai tergoda untuk mengecek setiap akun media sosialmu dan mulai scrolling lagi. Jadi pastikan untuk meletakkan handphone jauh dari tempat tidurmu ya guys.

3. Hapus aplikasi media sosial

1604570317-whatsapp-2105023--340.jpgSumber: Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay)

Sargo juga menyarankan kamu untuk menghapus aplikasi media sosial di handphonemu. Meskipun memang sedikit menantang, tapi menurutnya ini adalah ide yang bagus loh. Solusinya lainnya, kamu bisa menghapus aplikasi saat hari kerja dan menginstalnya lagi di hari libur.

Hal ini bakal membantu kamu mengatasi kebiasaan scrolling yang tak bisa kamu hindari setiap harinya. Dengan menghapus aplikasi media sosial, kamu akan mulai terbiasa untuk tidak terus-terusan mengecek handphone karena takut kurang update.

4. Matikan notifikasi media sosial

social media in smartphone - pixabay.jpgSumber: Ilustrasi media sosial (Pixabay)

Cara lain yang direkomendasikan Sarfo adalah dengan mematikan notifikasi pada akun media sosialmu. Hal ini cukup efektif loh, sebab saat notifikasi dimatikan maka kamu akan mengurangi waktu menatap layar. Sehingga kamu pun bisa lebih produktif dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

5. Jauhkan handphone dari pandangan

pixabaygadget.jpgSumber: Ilustrasi kecanduan game. (Pixabay/terimakasih0)

Saat kerja, ada baiknya menjauhkan handphone dari pandangan. Kamu bisa menyimpannya di tempat yang tak terlihat supaya lebih fokus pada pekerjaan. Atau jika di saat-saat work from home seperti ini, kamu bisa juga menyimpannya di ruangan lain. Hal ini akan membuat kamu fokus di ruang kerja dan lebih cepat menyelesaikan tugas yang ada.

Nah itu dia guys lima tips mengatasi kecanduan scrolling media sosial untuk kamu. Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait