menu
user
URtech

3 Tips Agar WhatsApp Tak Banyak 'Makan' Memori Penyimpanan

Nivita Saldyni,
10 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Tips Agar WhatsApp Tak Banyak 'Makan' Memori Penyimpanan
Image: Ilustrasi Whatsapp (Pixabay-antonbe)

Jakarta - Meski netizen sempat kompak meninggalkannya, namun sampai saat ini WhatsApp masih jadi salah satu aplikasi pesan populer loh. Selain mudah digunakan, aplikasi satu ini juga punya fitur yang lengkap, mulai dari mengirim pesan dan file, telepon, hingga panggilan video.

Namun tak jarang di beberapa pengguna aplikasi ini membuat handphone mereka lemot karena telah memakan memori yang cukup besar dari aktivitas kita. Nah kalau Urbanreaders pernah mengalami masalah serupa, ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengurangi beban penggunaan memori handphone oleh WhatsApp.

Merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa solusi yang bisa kamu coba nih guys. Berikut tips agar WhatsApp tak makan banyak tuang di memori penyimpanan handphonemu:

1. Gunakan Fitur Storage Management

1617772342-whatsapp-pixabay-jorge.jpgSumber: Ilustrasi Whatsapp (Pixabay-jorge)

Nah untuk Urbanreaders yang belum tahu, WhatsApp saat ini sudah punya fitur Storage Management. Fitur bertujuan untuk membantu pengguna menghemat memori handphone dengan cara mengidentifikasi, meninjau, dan sekaligus menghapus sejumlah konten di aplikasi WhatsAppmu.

Sistem akan mengelompokkan file, baik foto, video, audio, maupun dokumen yang pernah kamu bagikan dan diurutkan berdasarkan ukurannya. Kamu juga bisa melihat tab chat mana yang paling borong memakan memori handphonemu.

Caranya, update aplikasi WhatsAppmu ke versi terbaru. Kemudian buka aplikasi dan pilih 'Setting' yang ada di ikon titik tiga di pojok kanan atas layar pada tampilan aplikasi. Lalu klik bagian 'Storage and data' dan pilih 'Manage storage'. Kemudian tinggal pilih konten yang ingin dihapus. Mudah kan?

2. Berhenti Simpan Foto dan Video WhatsApp di HP

1617771298-whatsapp-pixabay-lobostudiohamburg.JPGSumber: Ilustrasi Whatsapp (Pixabay-lobostudiohamburg)

Pada Android dan juga iOS, WhatsApp akan secara otomatis mengunduh dan menyimpan foto dan video ke galeri handphonemu. Hal ini memang memudahkan kamu untuk melihat konten terbaru, tapi bagaimana jika hal tersebut malah berisi hal-hal yang kurang penting? Tentu menyebalkan dan malah membuat galerimu penuh.

Tapi tenang, kamu bisa mengubahnya. Caranya buka aplikasi WhatsApp dan pilih menu 'Setting'. Kemudian klik bagian 'Chats' dan nonaktifkan 'Media visibility' pada menu pengaturan obrolan.

3. Matikan Fitur Download Otomatis

1604570317-whatsapp-2105023--340.jpgSumber: Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay)

Nah setelah foto dan video tak lagi muncul di galeri handphonemu, ada satu cara lagi untuk membatasi file atau media yang kamu terima dari aplikasi WhatsApp. Caranya adalah dengan mengontrol apakah kamu akan mengunduh file secara otomatis atau secara manual saat kamu siap untuk membukanya.

Nah untuk itu ada baiknya mematikan fitur download otomatis agar memori handphonemu tak cepat penuh. Caranya buka aplikasi WhatsApp, kemudian pilih 'Setting' yang ada di ikon titik tiga di pojok kanan atas layar pada tampilan aplikasi dan klik bagian 'Storage and data'. Pada bagian bawah, kamu bisa melihat pilihan 'Media auto-download'.

Nah di sana, kamu bisa memilih sesuak hati. Saat menggunakan data seluler apa saja yang bisa diunduh otomatis, lalu apa saja yang bisa diunduh otomatis saat handphone terhubung ke jaringan Wi-Fi dan ketika roaming. Tentunya untuk menghemat memori dan data seluler, kamu perlu mengubahnya menjadi tidak pernah atau tidak memilih file tertentu.

Itu dia tiga tips yang bisa coba kamu lakukan guys. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya! 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait