Jakarta - Indonesia memiliki ribuan pulau, bahkan paling banyak di dunia. Namun, hingga kini belum diketahui secara pasti berapa jumlah pulau di negara maritim ini.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada tahun 2018 jumlah pulau di Indonesia baik yang besar maupun yang kecil mencapai 16 ribu. Sementara untuk pulai terbanyak terdapat di Provinsi Papua Barat dengan jumlah mencapai 4.108.

Nah, di Kalimantan Timur (Kaltim) sendiri misalnya, terdapat pulau-pulau yang cantik dan menarik wisatawan hingga mancanagera, ialah Pulau Derawan yang terletak di Kabupaten Berau.

Kepulauan Derawan sendiri memiliki 31 pulau kecil, yang paling terkenal di antaranya adalah pulau Derawan, Maratua, Sangalaki dan Kakaban. Derawan dikenal juga sebagai Segitiga Terumbu Karang yang mengandung salah satu keanekaragaman hayati laut terkaya di dunia.  

Terletak di hotspot keanekaragaman hayati, Pulau Derawan memiliki 872 spesies ikan karang, 507 spesies karang, dan invertebrata, termasuk spesies yang dilindungi, yakni lima spesies kerang raksasa, dua penyu laut, ketam kenari dan lainnya. 

1610343009-pulau-derawan.jpegPenyu di Pulau Derawan. (Indonesian Travel)

Beberapa pulau menyimpan telur penyu yang dieksploitasi secara besar-besaran dan sekaligus menjadi situs peneluran penyu hijau terbesar di Indonesia.

Selain terumhu karang dan spesies laut lainnya, jika Urbanreaders berkunjung ke Pulau Derawan, dan ingin ke taman bawah laut, di sana kamu bakal melihat hiu paus yang memiliki panjang 9,7 meter dan berat hampir sembilan ton.

Namun, kamu harus didampingi pemandu ya guys untuk menjaga keamananmu saat berenang dengan hiu paus. 

Bagaimana tertarik berkunjung ke Pulau Derawan yang memiliki ribuan spesies laut, sejuta terumbu karang dan air laut yang jernih berwarna biru ini? Kamu bisa menyebrang menggunakan speedboat dari Tanjung Batu ya guys.

Komentar
paper plane