Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Kemenkominfo Tunda Migrasi TV Analog ke TV Digital

Afid Ahman,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kemenkominfo Tunda Migrasi TV Analog ke TV Digital
Image: TV/Freepik by User15145147

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memutuskan menunda pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) tahap pertama yang sedianya dimulai pada 17 Agustus 2021.

“Rencana penghentian ASO tahap pertama yang semula dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2021 akan dijadwalkan ulang bersama dengan tahapan-tahapan ASO berikutnya,” ujar Plt Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Ismail.

Ismail mengutarakan ada sejumlah pertimbangan ditundanya proses ASO. Salah satunya adalah pemerintah dan seluruh elemen masyarakat tengah fokus melakukan penanganan dan pemulihan  pandemi COVID-19.

Pihak Kominfo turut  mempertimbangkan kesiapan teknis para pemangku kepentingan untuk melakukan migrasi ke siaran televisi digital.

"Kami juga menerima banyak masukan dari berbagai elemen publik dan masyarakat yang menyarankan agar proses analog switch off tahap pertama ini tidak dilakukan pada 17 agustus 2021," ujar Ismail.

Sebagai gantinya atas penundaan ini, Kominfo akan akan melakukan penjadwalan ulang bersama dengan tahapan ASO berikutnya.

Hanya saja Ismail belum mengungkap jadwal pelaksanaan migrasi ASO yang baru.

"Tanggal pastinya akan diumumkan segera setelah peraturan menteri dilakukan revisi dan ditandatangani pak menteri," kata Ismail.

Dia memastikan perubahan ketentuan terkait jadwal pelaksanaan ASO bakal dituangkan dalam perubahan Peraturan Menteri Kominfo 6/2021.

"Kominfo berjanji akan segera mengumumkan tanggal pelaksanaan ASO terbaru setelah Peraturan Menteri No.6 tahun 2021 tersebut disahkan," pungkas Ismail.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait