menu
user
URguide

Kenali 5 Ciri Toxic People

Yunidar Kusumaningsih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kenali 5 Ciri Toxic People
Image: Ilustrasi toxic people. Sumber: pixabay/ Andrea Piacquadio.

Jakarta - Urbanreaders, kamu pasti udah nggak asing lagi ya sama istilah 'toxic people'. Di zaman modern seperti sekarang ini, kata-kata “toxic” seringkali muncul di berbagai laman sosial media bahkan di lingkungan kita sendiri.

Apa sih sebetulnya toxic people itu? Toxic people adalah istilah yang seringkali digunakan untuk seseorang yang dianggap “beracun” atau dianggap menyusahkan dan banyak merugikan orang lain, baik secara fisik maupun emosional.

Seseorang dianggap toxic jika sekiranya ia suka menebarkan sesuatu hal yang dianggap negatif ke lingkungan sekitarnya. Golongan toxic people ini banyak ditemui di media sosial, walaupun memang di dunia nyata pun banyak golongan orang yang bisa dikategorikan ke dalam toxic people.

Sifat toxic yang dimiliki seseorang bisa menular ke orang yang ada di sekitarnya, karena sifat toxic ini bisa merusak suasana yang tadinya menyenangkan menjadi suasana yang tidak menyenangkan. Baik dalam perbuatan maupun ucapan yang dilakukan orang toxic, bisa membuatmu merasa sakit hati baik secara fisik maupun emosional.

Nah, kamu nggak mau kan hidup di lingkungan yang penuh dengan toxic people Urbanreaders? Maka dari itu, kamu perlu tau ciri dan tanda-tanda orang toxic.

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah ciri-ciri toxic people yang wajib kamu tahu.

1. Memiliki Sifat Egois

1614144399-pexels-photo-984946.jpeg-egois-pixabay-by-Vera-Arsic.jpegSumber: Ilustrasi egois. Sumber: pixabay/ Vera Arsic.

Orang toxic biasanya ditandai dengan sifat egois, atau suka melakukan hal-hal yang membuat dirinya senang, tanpa memikirkan orang lain.

Orang yang memiliki sifat toxic ini, biasanya jarang ada ketika orang lain membutuhkan. Bahkan saat ia membantu orang lain, ia akan melakukannya dengan terpaksa dan akan meminta imbalan sebagai pengganti kebaikan yang sudah ia lakukan.

Seringkali sifat egois yang mereka miliki juga cenderung memaksakan orang lain untuk bisa menuruti semua keinginannya tanpa memikirkan perasaan orang lain.

2. Sulit untuk Meminta Maaf

1614144452-pexels-photo-6037811.jpeg-meminta-maaf-pixabay-by-Brett-Jordan.jpegSumber: Ilustrasi meminta maaf. Sumber: pixabay/ Brett Jordan.

Orang toxic biasanya akan sulit untuk meminta maaf jika ia melakukan suatu kesalahan. Karena, pada dasarnya orang toxic mempunyai sifat yang tidak mau kalah dan selalu ingin menang sendiri. Mereka tidak mau terlihat lemah dan disalahkan walaupun mereka bersalah.

Orang toxic akan melihat kesalahan tersebut sebagai kesalahan orang lain. Ia akan terus menyalahkan orang yang ada di sekitarnya dan memojokkan orang lain, hingga orang lain yang meminta maaf.

Sifat yang tidak mau meminta maaf dan selalu menyalahkan orang lain, bisa disebut sebagai tindakan playing victim, yang berarti mencari perhatian dengan cara menuduh korban sebagai pelaku utama.

3. Suka Memandang Rendah Orang Lain

1614144460-pexels-photo-6147126.jpeg-merendahkan-orang-lain-pixabay-by-Keira-Burton.jpegSumber: Ilustrasi memandang rendah orang. Sumber: pixabay/ Keira Burton.

Ciri orang toxic yang kamu harus hindari yaitu orang yang suka memandang rendah orang lain. Ia tidak akan merasa senang ketika melihat kesuksesan atau keberhasilan temannya. Ia akan selalu meremehkan orang lain, hingga membuatmu merasa kesal dan merasa tidak percaya diri pada akhirnya.

Orang toxic akan selalu berusaha untuk menjatuhkan semangat orang lain dengan kata-kata negatif. Secara tidak langsung, sifat yang suka merendahkan orang lain ini menunjukan bahwa orang toxic mempunyai sifat iri juga senang membanding-bandingkan orang lain dengan dirinya sendiri.

4. Tidak Punya Rasa Empati dan Simpati

1614144431-pexels-photo-4101143.jpeg-empati-pixabay-by-cottonbro.jpegSumber: Ilustrasi sikap simpati. Sumber: pixabay/ cottonbro.

Dalam hubungan pertemanan yang sehat, tentunya sangat penting untuk memiliki rasa empati dan simpati. Tapi bagi orang toxic hal seperti ini tentunya sangat mustahil untuk dilakukan.

Orang toxic mempunyai kecenderungan enggan untuk berempati dan bersimpati dengan lingkungannya.

Contohnya saat ada salah satu teman yang sedang dalam kondisi terpuruk, biasanya orang toxic akan lebih sibuk untuk menghakimi atau menyalahkan temannya tersebut dibandingkan dengan menghibur atau sekadar memberikan dukungan.

Orang toxic seringkali membuat orang lain merasa lebih terpuruk. Bahkan orang toxic seringkali tidak mau mendengarkan cerita temannya yang sedang mengalami kesulitan.

5. Tidak Konsisten

1614144410-pexels-photo-984950.jpeg-konsisten-pixabay-Vera-Arsic.jpegSumber: Ilustrasi egois. Sumber: pixabay/ Vera Arsic.

Orang-orang toxic akan mudah dikenali dengan perkataannya yang tidak konsisten. Padahal, konsistensi sangat amat diperlukan dalam sebuah hubungan. Jika seseorang memiliki konsistensi, orang tersebut dinilai akan dapat memenuhi perkataannya dan dapat menepatinya.

Nah, itulah pengertian juga ciri-ciri toxic people yang harus kamu ketahui Urbanreaders. Kalau kamu menemukan orang-orang toxic di dalam circle pertemananmu, segera keluar dan carilah circle pertemanan yang lebih sehat. Jangan sampai kamu merasa tersiksa dan sakit hati karena adanya toxic people tersebut.
 
 
 
 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait