beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Kenali 7 Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya

Kintan Lestari,
28 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kenali 7 Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya
Image: Ilustrasi anak susah makan. (Freepik/YuriArcursPeopleimages)

Jakarta - Ada banyak kekhawatiran yang dihadapi orang tua ketika memiliki anak, salah satunya adalah anak susah makan? Kira-kira kenapa ya anak suka susah makan? Perlu dikasih vitamin nggak untuk anak susah makan? Daripada pusing, simak penjelasan seputar penyebab anak susah makan dan cara mengatasinya di sini!

Penyebab Anak Susah Makan

Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak susah makan. Yuk, kita simak satu per satu penyebabnya!

1. Bosan dengan Menu Makanan

Pada dasarnya, anak-anak tidak jauh berbeda dengan orang dewasa. Jika disuguhkan makanan itu-itu saja setiap harinya, tentu mereka merasa bosan. Kalau orang dewasa merespons dengan membeli makanan lain, maka anak-anak merespons dengan menolak makan. Jadi orang tua harus punya banyak ide menu makanan supaya anak tidak mudah bosan dan berakhir jadi susah makan.

2. Gangguan Sensorik

Kalau anak pilih-pilih makanan, itu bisa terjadi karena ada gangguan sensorik yang dialami. Anak kecil merasakan makanan berdasarkan informasi yang mereka kumpulkan dari indra mereka. Mereka mungkin menolak makanan karena teksturnya, baunya, tampilannya, warnanya, atau kombinasi dari semua itu.

3. Tidak Lapar

Umumnya jadwal makan anak sudah ditentukan orang tua. Tapi nafsu makan anak sebenarnya tidak dapat diprediksi. Jadi kalau ada momen ketika anak susah makan, itu bisa saja karena mereka memang tidak merasa lapar. Orang tua tidak perlu cemas karena hal ini.

1662444261-anak-susah-makan-2.jpgSumber: Ilustrasi anak susah makan. (Freepik/Drazen Zigic)

4. Takut dengan Makanan Baru

Penyebab lainnya anak susah makan karena mereka takut mencoba makanan baru. Ini sama seperti orang dewasa. Bayangkan ketika kamu pergi ke luar negeri dan mencoba makanan di sana, pasti ada rasa takut juga mencicipi makanan yang belum pernah kalian makan kan? Nah, anak-anak juga demikian.

5. Gangguan Oromotor

Penyebab lain anak susah makan biasanya karena ada gangguan oromotor. Apa itu? Menurut KBBI online, oromotor adalah sistem gerakan otot rongga mulut (termasuk rahang, gigi, lidah, langit-langit, bibir, dan pipi) pada bayi. Anak yang mengalami gangguan pada fungsi oromotornya biasanya kesulitan mengunyah. Itulah yang membuat mereka enggan makan.

Adapun tanda anak mengalami gangguan ini di antaranya tersedak beberapa detik setelah memasukkan makanan ke dalam mulutnya, menyimpan makanan di mulut, hanya ingin makan bubur atau makanan lembek lainnya, makanan jatuh dari mulut secara tidak sengaja, sampai membuang makanan yang baru saja dikunyah. Kalau anak kamu punya tanda-tanda seperti itu, maka biasanya mereka mengalami gangguan oromotor.

6. Sakit

Ketika sakit pasti kita kehilangan nafsu makan. Nah, anak-anak juga demikian. Karena balita tidak bisa menyampaikan keinginannya dengan jelas, maka mereka menunjukkannya dengan menolak makan. 

7. Banyak Distraksi

Banyak orang tua masa kini yang 'menenangkan' buah hatinya dengan menonton atau main lewat perangkat pintar. Pada saat itu fokus anak semuanya teralihkan ke layar yang ada di depan mereka. Dengan demikian, tidak ada perhatian yang tersisa untuk makanan yang tersaji di depan mereka, termasuk untuk memakannya. Hal ini juga termasuk penyebab anak susah makan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait