beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Kenali Penyebab Susah BAB dan Cara Mengatasinya!

Hanisa Sutoyo,
11 Mei 2022 13.13.18 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kenali Penyebab Susah BAB dan Cara Mengatasinya!
Image: Ilustrasi susah BAB (Freepik/benzoix)

Jakarta – Masalah susah buang air besar (BAB) atau sembelit seringkali dialami sebagian orang. Pada umumnya hal ini ditandai dengan frekuensi BAB yang kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Kondisi ini pun membuat perut penderitanya terasa tidak nyaman hingga mampu mengganggu kegiatan sehari-hari karena perut juga akan terasa kembung.

Lantas, apa sebenarnya penyebab susah BAB?

Penyebab Susah BAB

Susah BAB terjadi karena adanya masalah pencernaan di dalam tubuh kita. Susah BAB atau sembelit pada umumnya disebabkan karena usus menyerap terlalu banyak air dari kotoran atau feses.

Hal itu menyebabkan BAB menjadi keras dan sulit dikeluarkan dari tubuh yang mengakibatkan penyumbatan pada usus. Kondisi ini menyebabkan makanan yang masuk ke dalam tubuh jadi bergerak terlalu lambat dan nutrisinya sulit diserap.

Kurang mengonsumsi air mineral dan terlalu lama menahan BAB juga bisa menjadi penyebab utamanya.

Cara Mengatasi Susah BAB:

1. Perbanyak Aktivitas Olahraga

1646134946-Pertahankan-durasi-dan-frekuensi-olahraga-(Freepik-prostooleh).jpegSumber: Pertahankan durasi dan frekuensi olahraga (Freepik/prostooleh)

Kamu bisa berolahraga rutin selama minimal satu minggu sekali di akhir pekan. Tidak perlu berolahraga yang terlalu berat, cukup dengan berjalan kaki selama 15 menit dan melakukan beberapa peregangan.

2. Cukupi Kebutuhan Air Putih

1639463363-airputih.pngSumber: Ilustrasi meminum air putih (Freepik/pressfoto)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, susah BAB disebabkan karena feses kekurangan cairan dan menjadi kering. Maka dari itu, penting untuk memperbanyak minum air putih minimal 2 liter per hari. Upaya ini juga dilakukan guna menghindari dehidrasi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait