Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Kenang Masa Lalu, Aprilio Manganang Akui Menderita saat Jadi Wanita

Putri Nur Aisyah,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kenang Masa Lalu, Aprilio Manganang Akui Menderita saat Jadi Wanita
Image: Aprilio Manganang (Deddy Corbuzier/YouTube)

Jakarta - Telah diakui sebagai laki-laki usai menjalani operasi, atlet voli nasional Aprilio Perkasa Manganang mengungkapkan bagaimana perasaannya saat menjadi perempuan selama 28 tahun.

Hal ini ia sampaikan dalam podcast 'Close The Door' di channel YouTube Deddy Corbuzier yang diunggah Selasa (7/12/2021).

Dalam obrolan tersebut, anggota TNI AD itu berkata bahwa ia sangat menderita ketika statusnya masih menjadi perempuan.

"Gue menjalani hidup sebagai perempuan, gue menderita om Ded. Gue harus gimana berusaha jalani yang bukan diri gue," ujar Aprilio saat ditanya oleh Deddy Corbuzier, dikutip Selasa (7/12/2021).

Penderitaan tersebut antara lain karena dirinya harus menerima cibiran lantaran bentuk tubuhnya dan ia juga harus menggunakan pakaian perempuan yang sebenarnya tidak pernah ia sukai. Namun, Aprilio memilih untuk diam karena keadaan.

"Apalagi hidup di daerah terpencil, kekurangan biaya, gue lebih memilh diam aja," ujar Aprilio menceritakan dirinya.

Aprilio sendiri diketahui mengidap kelainan hipospadia, yakni kondisi saat lubang kencing penis ada pada bawah organ dan terlihat menyelip.

Dalam podcast tersebut, dirinya pun bercerita bahwa kakaknya juga menderita hal yang sama. Namun Aprilio memilih untuk berbicara kepada atasannya di TNI AD bahwa dirinya mengidap hipospadia dan meminta untuk tidak berasrama dengan rekan-rekan wanita.

Akhirnya pihak TNI dibantu panglima Jenderal TNI Andika Perkasa membantu proses pemeriksaan kelamin Aprilio dan terbukti bahwa dirinya adalah lelaki sejak dirinya lahir.

Aprilio yang sebelumnya bernama Aprilia Santini Manganang ini pun mengubah namanya menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait