menu
user
URnews

Resmi Jadi Laki-laki, Aprilio Manganang Tegaskan Tetap Fokus Jadi TNI

Anisa Kurniasih,
29 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Resmi Jadi Laki-laki, Aprilio Manganang Tegaskan Tetap Fokus Jadi TNI
Image: Jenderal TNI Andika Perkasa menyematkan nama dada kepada prajurit TNI AD Serda Aprilio Perkasa Manganang usai mengikuti sidang penggantian jenis kelamin secara virtual (ANTARA)

Jakarta - Setelah PN Tondano mengabulkan permohonan statusnya menjadi laki-laki, serda Aprilio Perkasa Manganang menegaskan bahwa dirinya akan tetap fokus menjadi prajurit TNI AD.

Mantan atlet voli yang semula bernama Aprilia Manganang itu sempat menyampaikan rasa terima kasih usai putusan persidangan dibacakan kepada pihak-pihak yang telah membantunya selama ini.

"Semoga ini menjadi awal yang baik ke depan, awal yang baru. Karena ini yang saya tunggu selama ini. Puji Tuhan terima kasih Tuhan Yesus saya bisa melewati ini semua," kata Manganang di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Jumat (19/3/2021).

"Bapak KSAD, Ibu, dan para dokter yang membantu saya dan memberikan dukungan dan saya bisa lewati ini. Saya tetap fokus posisi saya sebagai prajurit TNI AD, di mana pun nanti di tempatkan, terima kasih banyak," sambungnya.

Seperti diketahui, gugatan perdata atas perubahan jenis kelamin dan nama yang diajukan oleh Serda TNI Aprilia Manganang ke Pengadilan Negeri (PN) Tondano telah dikabulkan Majelis Hakim.

"Menetapkan, mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya," kata Ketua Majelis Hakim PN Tondano Nova Loura Sasube ketika membacakan amar putusan, Jumat, (19/3/2021).

Dalam putusan tersebut, Ketua Majelis Hakim PN Tondano menegaskan, bahwa pihaknya telah mengabulkan dan menetapkan jenis kelamin Aprilia Manganang yang semula perempuan menjadi laki-laki.

"Menetapkan pemohon Aprilia Santani Manganang dari jenis kelamin yang semula perempuan menjadi laki-laki,"ujarnya.

Selain itu, Majelis Hakim juga mengabulkan permohonan perubahan nama mantan atlet timnas bola voli itu, yang semula bernama Aprilia Sentani Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

Sebelumnya, Manganang telah menjalani operasi korektif di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, pada 3 Februari 2021. Operasi ini dilakukan untuk perbaikan jenis kelamin setelah sebelumnya Manganang mengalami kelainan Hipospadia sejak lahir.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait